Pimpinan Basarnas Ke Natuna, Bupati Siap Dukung Program Kerja SAR





WARTAKEPRI.CO.ID – Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito bersama isteri Ny. Rina Puruhito dan rombongan tiba di Bandara Raden Sajad (Natuna).

Rombongan disambut meriah oleh 11 (sebelas) Pejabat Tinggi setempat di ruang VIP Bandara, diantaranya Bupati Natuna, Dan Lanud, Dan Lanal, Dan Satrad, Kodim diwakilin Dandim, Kapolres, Dan Komposit, Kajari, BMKG, DPRD serta Ka Bandara, FKPD.

Perjalanan Kepala Basarnas dan rombongan dilanjutkan ke Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Natuna.

Penyambutan diawali dengan Pengalungan bunga, Tepung tawar sebagai penghormatan  ciri khas Natuna untuk ucapan selamat datang kepada tamu kebanggan.

Didampingi Ibu, Kepala Basarnas ikut menari bersama para penari.

Bertempat di Kantor SAR Natuna, Kepala Basarnas melakukan tatap muka bersama seluruh pegawai.

Pada kesempatan ini, Bagus menyampaikan terkait penambahan personil, alat komunikasi, penambahan genset dan rubber boat bagi Pos SAR Anambas.

Bagus menyampaikan bahwa akan dilakukan pengecekan ulang apa yang dibutuhkan agar tepat guna sasaran dan tidak sia-sia.

“Dengan jumlah pegawai 33 orang dan ABK  (honor) 9 orang, diharapkan untuk diadakan penambahan personil baru dikarekan wilayah kerja yang begitu besar, kita perhatian pelaksanaan tugas-tugas SAR disetiap kantor yang berjumlah 43 dan tersebar diseluruh indonesia, termasuk Natuna salah satunya,” ujar Bagus.

Disela-sela kunjungannya, sebelum tiba di Natuna Kepala Basarnas dan rombongan juga berkunjung ke Kantor SAR Tanjungpinang.

Bersama seluruh pegawai dan pejabat di Kantor SAR Tanjungpinang, Kepala Basarnas menggelar syukuran hari lahirnya pada 3 Oktober lalu.

Pada malam ramah tamah, Bupati memaparkan, Pemkab Natuna sangat mendukung setiap kegiatan dari Kantor SAR Natuna. Ada beberapa aspek yang diperlukan dari Basarnas didalam tatanan sosial, terutama aspek kecelakaan yang terjadi, baik di darat dan laut.

“Walaupun kecelakaan jarang terjadi di Natuna, antisipasi diperlukan sebagai bentuk kepedulian untuk mendukung Natuna yang maju dan berkembang.

Dengan personil yang ada, Kantor SAR Natuna tidak terpisahkan dari tatanan sosial. Walaupun masih serba kekurangan dari segi sarana, prasarana dan SDM, maksimalkan apa yang ada,” papar Bupati.

Lembih lanjut, Hamid mengatakan Kabupaten Natuna sangat membutuhkan kerjasama antar perangkat mendukung dan pemenuhan kebutuhan pelayanan rasa aman di sektor pariwisata dan transportasi.

Peran Basarnas dalam penyelamatan terhadap kondisi terjadinya bencana merupakan tugas utama.

“Kita di Natuna sangat membutuhkan sarana dan tim penyelamatan korban, baik darat laut dan udara. Apa lagi dengan kondisi geografis Natuna yang rawan terjadinya bencana, terutama bencana di laut, walaupun sampai saat ini masih tergolong aman.

Namun bukan tidak mungkin hal tersebut tidak terjadi. Oleh karena itu, besar harapan kami kerjasama SAR dan pemerintah daerah terus berjalan,” pinta Hamid. (Mhs)





DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA