Sempena Milad Natuna Ke 20, Dinkes dan IBI Gelar Tes IVA Gratis





WARTAKEPRI.CO.ID – Deteksi dini gejala kanker serviks (kanker rahim) dan kanker payudara, Dinkes pengendalian penduduk dan KB Kabupaten Natuna bekerjasama dengan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Natuna dan TP PKK gelar pemeriksaan Insveksi Visual Asam Asetat atau biasa dikenal IVA tes bagi Ibu Rumah Tangga (IRT), Selasa, (8/10/2019).

Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Dinas Kesehatan Pemkab Natuna, Hikmat Aliansyah menjelaskan, pemeriksaan IVA tes dilakukan untuk mencegah tingkat kematian terhadap kaum Ibu yang disebabkan penyakit kanker serviks rahim.

“Salah satu upaya kita adalah dengan melakukan pemeriksaan tes IVA sebagai upaya deteksi dini kanker serviks atau kanker leher rahim pada wanita,” ungkap Hikmad, saat dihubungi, Selasa (8/10).

Ia menambahkan, pemeriksaan dilakukan ditiga pusat kesehatan masyarakat Puskesmas Kota Ranai, Bunguran Tengah dan Puskesmas Cemaga.

IVA tes ini digelar untuk mengetahui tanda-tanda dan gejala kanker leher rahim lebih dini. Sebab, kanker ini menjadi kelompok penyakit terbanyak penyebab kematian pada kaum ibu disamping kanker payudara.

“Jadi kita berupaya dapat menjaring perempuan untuk ikut IVA tes, yang kita gelar di 3 puskesmas, dari target 50 kota Ranai , 9 Cemaga dan 4 Bunguran tengah,” katanya.

IVA tes, jelas Hikmad, merupakan pemeriksaan sederhana, mudah dan tidak memerlukan biaya besar. Pelaksanaan IVA tes ini, kata Hikmad tidak dipungut biaya alias gratis.

IVA tes ini dilakukan oleh tenaga bidan dan tenaga dokter ahli. Jika ditemukan hasil pemeriksaan yang menunjukkan tanda tanda warna, maka akan diberikan saran tindaklanjut kepada yang bersangkutan ke RSUD Natuna,” jelasnya.

Hikmad menyebutkan, bahwa kanker serviks sebenarnya dapat disembuhkan jika terdeteksi sedini mungkin. Untuk itu, kata dia, para wanita disarankan untuk rutin melakukan skrining kanker serviks secara rutin.

Kegiatan IVA tes ini bekerjasama dengan TP-PKK dan IBI setempat bersempena hari Milad Natuna ke 20, dalam rangka melaksanakan 10 program pokok TP-PKK Natuna dalam mewujudkan keluarga yang sehat dan sejahtera,” ujarnya

Sela kunjungan ke Puskesmas Ranai Kota, Ketua TP-PKK Kabupaten Natuna, Ny Nurhayati Hamid Rizal bersama Wakil Bupati Natuna Hj. Ngesti Yuni Suprapti mengajak perempuan di Natuna mengikuti tes IVA atau inspeksi visual dengan asam asetat untuk mendeteksi ada atau tidaknya kanker serviks.

Mengutip dari rilis resmi Kemenkes RI
oleh Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, bahwa Kanker serviks merupakan kanker yang disebabkan oleh infeksi virus Human papillomavirus (HPV), yang dapat ditularkan baik melalui hubungan seksual maupun lewat kontak kulit ke kulit.

Sama seperti jenis kanker lainnya, jika kanker serviks dapat ditemukan dalam keadaan awal, tentu akan meningkatkan peluang kesembuhan.

Tren kanker payudara dan kanker serviks cukup menyita perhatian sehingga pemerintah mengerahkan upaya untuk mencegah peningkatan kasus kedua jenis kanker ini.

Deteksi dini kanker payudara untuk perempuan usia 30-50 tahun lewat metode Pemeriksaan Payudara Klinis (SADANIS). Sedangkan untuk deteksi dini kanker serviks dilakukan Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA).

“Selain upaya di atas, Kementerian Kesehatan juga mengembangkan program penemuan dini kanker pada anak, pelayanan paliatif kanker, deteksi dini faktor risiko kanker paru, dan sistem registrasi kanker nasional,” kata Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Anung Sugihantono, mengutip dari rilis resmi Kemenkes berapa waktu lalu. (Rky)





DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA