Lanal dan Pemkab Tanam 5000 Bibit Mangrove di Sepanjang Pelabuhan Molarko Karimun





WARTAKEPRI.co.id KARIMUN – Sebanyak 5000 batang bibit pohon mangrove ditanam di sepanjang pelabuhan molarko, desa pelambung kecamatan tebing, Karimun pada senin pagi (7/10/2019).

Pada pelaksanaan penanaman pohon mangrove guna mengurangi pengikisan garis pantai yang dikoordinasi oleh Mako lanal Tanjungbalai karimun, turut serta di hadiri oleh Bupati karimun H. Aunur Rafiq, Ketua DPRD Karimun M. Yusuf sirat, Danlanal Tbk. Letkol Laut (P) Catur yogiantoro, Beserta beserta jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) kabupaten karimun, penggiat lingkungan, LSM serta Ormas, yang antusias mengikuti pelaksanaan dalam rangkaian kegiatan Hari ulang tahun Tentara Nasional indonesia (HUT TNI) ke – 74 tahun 2019.

Satu persatu bibit pohon mangrove tersebut di tanam disepanjang pantai pelambung. Dimana  kegiatan yang serentak dilaksanakan diseluruh Indonesia, tidak terkecuali di bumi berazam, guna memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI).

Seusai Penanaman bibit pohon mangrove, Danlanal Tbk. Letkol Laut (P) Catur yogiantoro menjelaskan bahwa Pada pelaksanaan kegiatan dalam rangka memperingati HUT TNI ke-74 tahun telah menanam bibit pohon mangrove sebanyak 5000 batang, dengan peserta 300 orang.

“Mengapa harus tanaman mangrove yang ditanam, karena memang tanaman mangrove ini merupakan salah satu penghijauan kita di wilayah pesisir, kalau dihutan mungkin kita dapat menanam tanaman varietas atau jenis lainnya, akan tetapi kalau dipesisir ini bahwasanya yang kita ketahui bersama di pesisir ini sudah mulai rentan terhadap abrasi faktor cuaca dan lain sebagainya,” ujar Danlanal termuda di Indonesia tersebut.

Lanjutnya, dari penanaman mangrove ini diharapkan agar garis pantai kita tidak terkikis, yang mana kabupaten karimun sendiri telah berbatasan langsung dengan negara tetangga, sehingga garis pantai kita tetap terjaga dengan baik.

“Untuk titik yang akan di tanami, untuk sementara difokuskan di desa pelambung, akan tetapi tidak menutup kemungkinan akan di tanam di beberapa tempat lainnya, yang sudah dilakukan penanaman pohon mangrove didesa pasir panjang, dan dicoastal area apabila terdapat titik yang dapat ditanami, dan untuk bibitnya berasal dari kundur, tanjung batu,” jelasnya.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Pejabat nomor wahid dijajaran Pemkab karimun, H. Aunur rafiq sangat mengapresiasi dan mendukung penuh pencanangan gerakan penanama bibit pohon mangrove.

“Karena penanaman mangrove ini merupakan bagian kegiatan-kegiatan pemerintah dan juga masyarakat guna melestarikan ekosistem lingkungan hidup khususnya pada daerah pesisir,” Ujar Rafiq.

Bupati Aunur Rafiq juga mengatakan bahwa apa yang dilaksanakan tersebut merupakan hal yang sejalan dengan program pemerintah yang dilakukan oleh TNI. Khususnya di kabupaten karimun TNI telah banyak berbuat, menjaga kamtibmas, teritorial di bumi berazam, dan dapat kita lihat penanaman secara bersama-sama ini dengan 5000 batang pohon mangrove ini dilaksanakan oleh seluruh komponen nmasyarakat kabupaten karimun.

“Apa yang sudah dilaksanakan ini, marilah kita menjaga bersama-sama dengan harapan dapat tetap melestarikan ekosistem dengan melakukan penghijauan-penghijauan pada titik-titik yang sudah ditentukan letak tata ruang lingkungan kita,” ungkapnya.(*)

Kiriman : Aziz Maulana





DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA