Sejak Terbakar Hebat, My Mart Bertranformasi Jadi Mall Terbesar dengan Nama One Batam Mall

Sejak Terbakar Hebat, My Mart Bertranformasi Jadi Mall Terbesar dengan Nama One Batam Mall





WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Tahun 2000 an, Warga Batam hanya tahu kalau pusat perbelanjaan terbesar di Batam pasti akan menyebut My Mart Batam Centre. Dengan luas area mall lengkap dengan berbagai fasilitas, dan paling diingat adalah ada fasilitas lapangan basket, area bowling dan juga area permainan biliard.

Dalam perjalanan, mall mall lain tumbuh dan menyebar di Batam. Kondisi ini, membuat My Mart makin hilang, karena konsep pusat perbelanjaan sejak berdiri tidak banyak perubahan. Bahkan, dalam 10 tahun terakhir, my mart mengalami dua kali kebakaran, sebelum kebakaran terakhir membuat mereka tutup total.

Namun, dalam dua tahun terakhir, sejak terjadi pembokaran besar besar dan mengalami proses pembangunan ulang, My Mart hilang dan mulai muncul nama baru Batam Mall. Beredar informasi akan menggunakan nama One Mall Batam.

Dikutip dari www.constructionplusasia.com Batam Mall Ditargetkan selesai di tahun 2019 ini.

DATA PROYEK
Nama Proyek: Batam Mall
Lokasi: Batam Centre, Riau
Status: Tahap pembangunan
Rencana Selesai: 2019
Luas Area: 46.000 meter persegi
Luas Bangunan: 273.402 meter persegi
Tinggi Lantai: Mal 3 lantai; kantor 24 lantai; hotel 6 lantai & apartment 30 lantai
Klien/Pemilik: PT. Batam City Mega Perkasa
Konsultan Arsitektur: PHL Architects
Arsitek Utama: Patrick Lim & Hendy Lim
Konsultan Mechanical & Electrical: KGp Ketut M&E
Konsultan Sipil & Struktur: PT Susanto Ciptajaya
Foto/Gambar: PHL Architects

Mal ini dibangun di atas bangunan mal lama yang sudah tutup. Pengembang PHL Architects berupaya mempertahankan sebagian bangunan lama dan menambahkan bangunan baru dengan memasukkan program dan aktivitas terkini untuk dapat menghidupkan kembali bangunan lama yang terintegrasi dengan bangunan baru.

Penggabungan bangunan lama ke dalam bangunan baru ini menjadi salah satu tantangan yang harus dihadapi oleh para desainer yang terlibat dalam proyek ini. Struktur yang sudah ada harus benar-benar diperhatikan dalam pembangunan bangunan baru.

Pemilihan desain fasade bangunan baru dan lama juga mendapat perhatian khusus, terkait dengan beban struktur yang sudah ada dari fisik bangunan sebelumnya. Terkait dengan biaya, efisiensi dan efektivitas ruang, serta pemilihan materialnya juga diperhatikan dengan seksama dalam desain.

Batam Mall didesain dengan mengedepankan unsur desain terbuka yang dipadukan dengan semangat lokalitas, baik dalam pemilihan material, aktivitas, dan ruang yang disediakan untuk menampilkan hasil karya kreatif lokal.

Sementara itu, focal point-nya terdapat pada area alfresco terbuka di antara bangunan baru dan lama yang didesain senyaman mungkin dengan memperhatikan proporsi ruang dan pengudaraan alami sehingga area ini akan menjadi ruang bersama untuk keluarga dan komunitas.

Dengan semua pendekatan desain yang brilian, harapan agar bangunan ini dapat berfungsi dengan baik untuk masyarakat di Batam hingga mancanegara, seperti yang diinginkan klien, rasanya akan terpenuhi dengan baik kelak.(*)

Sumber: constructionplusasia





DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA