Fauzi Bahar Siap Mengabdi untuk Kepri dan Ingin Warga Minang di Kepri Bersatu

Diskusi ditutup dengan membaca Alfatiah





WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Mantan Walikota Padang dan juga purnawirawan perwira menengah TNI AL, Fauzi Bahar sangat serius untuk mengabdi dan bekerja untuk Provinsi Kepri. Berlatar pengalaman sebagai pemimpin daerah dua periode di Kota Padang dan juga pernah bertugas serta beristrikan gadis asli Natuna Kepri, Bang FB telah ada sejumlah program kerja untuk memajukan perekonomian di Provinsi Kepri periode 2020-2024 mendatang.

Dalam diskusi singkat dengan sejumlah tokoh masyarakat dan akademisi serta tokoh politik, Bang FB menyatakan siap lahir bathin untuk mengadi di Kepri. Dengan latar belakang sebagai Warga Kepri keturunan Minang yang hampir 300 ribu di Kepri, potensi untuk dipinang menjadi orang nomor dua di Kepri, diharapkan akan dilirik oleh pemimpin partai politik di Provinsi Kepri.

” Siap bukan sembarang siap, tentu semua sudah kami pertimbangkan. Pilkada 2020 ini, adalah langkah awal bagi kita untuk masyarakat Kepri asal Minang untuk bersatu. Sama kita ketahui, jika memang ada sosok atau tokoh Minang yang dipercaya dan mumpuni akan mempersatukan Warga Minang, maka kami siap mendukung. Tapi, jika kami dipercaya yakinlah Pilkada 2020 ini tahunnya bagi Kepri berjaya bersama masyarakat Kepri keturunan Minangkabau. Inilah komitmen kami untuk mengabdi di Kepri, tinggal kembali ke tokoh mayasarakat minang, adat dan agama di Kepri, seperti apa dukungannya ke kami, dan apa harapan yang bisa kami wujudkan,” kata Fauzi Bahar, Sabtu (5/10/2019) malam di RM Salero Basamo Batam Centre.

Dalam disuksi singkat hadir akademisi Razaki Persada yang juga mantan komisioner peyelenggara pemilu di Kepri. Razaki Persada memaparkan bagaimana peta perpolitikan di Batam dan Kepri. Penjelasan bagaimana kebaragaman warga Minang di Kepri menjadi modal politik bagi siapapun yang akan maju pada Pilkada serentak 2020.

” Khusus untuk Warga Kepri keturunan Minang memang banyak. Dalam beberapa kunjungan kerja kesejumlah kabupaten dan pulau di Kepri, selalu berjumpa dan diskusi dengan tokoh tokoh minang. Dengan nama ikatan berbeda beda bukan hal masalah, tetapi terasa ada semangat jika ada tokoh minang maju sebagai pemimpin, mereka akan mendukungnya,” terang Razaki Persada.

Sementara itu, Ketua Harian IKSB M Al Ichsan dalam diskusi singkat juga menyampaikan dengan munculnya Bang FB untuk Kepri akan menjadi langkah bersama dan bersatunya masyarakat Kepri dan Batam asal Minang, mengusung satu nama di Pilkada Kepri. Sebagai organisasi kemasyarakatan daerah, IKSB sebelum akhir tahun 2019, sudah akan membentuk IKSB tingkat Kecamatan yang ada di Kota Batam.

” Dengan semakin dekatnya IKSB hingga tingkat kecamatan, maka fungsi untuk lebih dekat dan peduli dengan masyarakat Batam asal minang akan lebih cepat responnya. Selain itu, pendataan jumlah masyarakat Minang di Batam juga lebih cepat,” terang Al Ichsan yang juga Calon Wakil Walikota Batam untuk periode 2020-2024.

Tokoh Muda Minang Antoni Lendra, yang juga Ketua Gema Minang Kota Batam menjelaskan pemuda minang akan mengikuti apa yang diputuskan oleh IKSB untuk Pilkada Serentak di Kepri dan Kota Batam. Secara organisasi, Gema Minang telah terbentuk dihampir seluruh 10 Kecamatan di Kota Batam, dan tinggal 4 kecamatan proses acara pelantikannya.

” Arah politik pemuda minang menunggu arahan dari IKSB. Apa yang diputuskan, kami para pemuda akan mensosialisasikan dan mendukungnya,” terang Antoni Lendara.

Sebagai penutup, Alex Guspenaldi selaku Tokoh Partai Politik PAN dan juga Anggota DPRD Kepri menyoroti jika FB sudah sangat serius untuk maju di Provinsi Kepri. Keseriusan dengan banyaknya baliho ini harus disambut oleh tokok tokoh di Kepri.

” Saya janji untuk pak Fauzi Bahar jika memang menjadi Calon dan maju pada Pilkada Kepri nanti,” terang Alex Guspenaldi singkat.

Dalam dialog juga menyarankan untuk sosialisasi lebih meluas ke Kota dan Kabupaten lain di Kepri. Pemasangan baliho di Kota Tanjungpinang, Kota Karimun, Bintan dan lainnya terus dilakukan. Agar seluruh masyarakat tahu ada tokoh Minang akan maju pada Pilkada Provinsi Kepri.

Hadir dalam diskusi singkat itu, sejumlah tokoh Minang Aswendores, Mustava, Hendri Abdul Rahman, Taufik dan Indra.

Terakhir Fauzi Bahar dalam dialog singkat tersebut menjelaskan dirinya siap untuk Kepri. Dan, dirinya jugu rela mundur jika memang para tokoh Minang di Kepri tidak memberi amanat ke dirinya. Namun, Fauzi Bahar menyatakan Pilkada Kepri 2020 adalah tahun menujukan apakah Masyarakat Minang itu benar benar telah bersatu atau tidak.(*)

Tulisan : Dedy Suwadha

Silahkan Share ke WAG dan Facebook Jika Informasi ini Bermanfaat





DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA