Peran Milenial Dalam Mengembalikan Masjid Sebagai Pusat Peradaban





WARTAKEPRI.co.id, BATAM–Wakil Walikota Batam yang Bapak H. Amsakar Achmad, S.Sos, M.Si melantik pengurus Pimpinan Daerah Perhimpunan Remaja Masjid Dewan Masjid Indonesia (PRIMA-DMI) Kota Batam masa khidmat 2019-2021 pada kamis 18 September 2019 di Aula Hotel PIH Batam. Acara tersebut di hadiri oleh 400 tamu undangan.

Ketua Umum PW PRIMA-DMI Provinsi Kepulauan Riau Amirul Khalish Manik menyampaikan bahwa pada pelantikan Pimpinan Daerah Perhimpunan Remaja Masjid Dewan Masjid Indonesia (PRIMA-DMI) Kota Batam masa khidmat khidmat 2019-2021 semoga amanah dalam menjalankan organisasi tersebut.

“Masjid dan Remaja Masjid adalah Kunci, Kita perlu membangun keyakinan bahwa Remaja Masjid adalah masa depan dan Masjid adalah pusat peradaban. Dari keduanyalah kondisi ekonomi, politik, budaya, sosial, dan yang lain akan tumbuh lebih baik,”ujar Ketua Umum PW PRIMA-DMI Provinsi Kepulauan Riau Amirul Khalish Manik

Remaja Masjid tersebar dari pelosok desa hingga gemerlapnya ibukota. Satu dari empat orang Indonesia adalah Remaja Masjid. Begitupun Masjid, kita hampir tak sulit menemukan Masjid disemua daerah, dimana Islam sebagai agama minoritas sekalipun selama kita masih berada di Indonesia.

“Di semua penjuru dunia dalam segala lintasan waktu, Remaja selalu berfungsi sebagai agen of change. Remaja memiliki elat vital dalam memperjuangkan apapun yang dikehendakinya. Mendikte remaja dalam berkarya apalagi ingin membendungnya adalah bentuk kesia-siaan belaka.

Masalah-masalah ekonomi dan sosial seperti kesenjangan juga kemiskinan yang tak pernah habis kita bicarakan perlahan-lahan akan semakin berkurang. Sekalipun soal-soal merebaknya politik identitas dan yang lainnya.

“Juga berdasarkan data dari Merial Institute, masalah-masalah Remaja Masjid seperti urbanisasi Remaja Masjid desa ke kota yang semakin besar, Remaja Masjid kian sakitsakitan, juga masalah pengangguran Remaja yang sangat besar.

Persoalan urbanisasi Remaja Masjid bisa jadi akan ditemukan jawabannya dengan mengaktifasi peran Remaja Masjid di seluruh Masjid. Membangun angan-angan agar Masjid bisa menjadi Youth Teens Center, pusat aktivitas Remaja atau sebagai pusat perabadan.

Permasalahan yang dihadapi saat ini khususnya di Kota Batam Riau yang kononnya memiliki 1000 lebih Masjid namun hanya 10% saja Remaja Masjid masjidnya yang aktif, maka dengan kehadiran Perhimpunan Remaja Masjid Dewan Masjid Indonesia (PRIMA-DMI) Kepulauan Riau menjadi wadah pemersatu Remaja Masjid untuk berekspresi secara positif.

Dan sekaligus PRIMA DMI Kota Batam harus berperan sebagai penggerak dalam memfasilitasi serta mengorganisir para Remaja Masjid sehingga Remaja Masjid menjadi kekuatan baru dan tumpuan masyarakat, ingin memberikan manajemen masjid yang yang modern, berintegritas namun tetap religius.

Melalui kesempatan tersebut Amirul Khalish Manik yang juga Ketua Umum Pimpinan Wilayah GPII Kepri ingin mengajak seluruh elemen masyarakat khususnya Remaja Masjid, Tokoh Agama, cerdik pandai masyarakat Kota Batam, marilah kita bergerak sebelum kita digerak-gerakkan.

Bersamaan dengan itu pula Ketua Umum PW PRIMA DMI Kepri Amirul Khalish Manik yang di damping oleh Sekretaris Umum Joni Mustafa, S.Pd melantik delapan Pimpinan Cabang PRIMA DMI Kecamatan Se-Kota Batam yang meliputi :
1. Pimpinan Cabang PRIMA DMI Kecamatan Bulang 2019-2021
2. Pimpinan Cabang PRIMA DMI Kecamatan Batu Aji 2019-2021
3. Pimpinan Cabang PRIMA DMI Kecamatan Sagulung 2019-2021
4. Pimpinan Cabang PRIMA DMI Kecamatan Sei Beduk 2019-2021
5. Pimpinan Cabang PRIMA DMI Kecamatan Batam Kota 2019-2021
6. Pimpinan Cabang PRIMA DMI Kecamatan Bengkong 2019-2021
7. Pimpinan Cabang PRIMA DMI Kecamatan Nongsa 2019-2021
8. Pimpinan Cabang PRIMA DMI Kecamatan Sekupang 2019-2021

Untuk mencapai maksud dan tujuan tersebut tidak gampang, selain Provinsi Kepulauan Riau dihuni oleh multi etnis juga letak geografisnya dikelilingi oleh 90% lautan terletak dan apa lagi mengabaikan kekuatan kekuatan para milenial Remaja Masjid.

Amirul Khalish Manik mengharapkan kepada Perintah Kota Batam dan pihak terkait lainnya agar adanya pembenahan dan perbaikan struktur dan infra struktur dalam hal pemberdayaan sumberdaya manusia khususnya Remaja Masjid.

PRIMA DMI merupakan organisasi otonom binaan Dewan Masjid Indonesia (DMI) siap untuk bersinergi dengan pemeritah Kota Batam yang kebetulan Walikota dan Wakil Walikota Batam dijabat oleh Ayahanda H, Muhammad Rudi, SE, MM dan Ayahanda H. Amsakar Achmad, S.Sos, M.Si yang juga Ketua Umum dan Ketua-I Pimpinan Daerah Dewan Masjid (DMI) Kota Batam, maka sudah semestinyalah PRIMA DMI Kota Batam dan PRIMA DMI Kecamatan untuk terus mendukung program-program yang sedang dilaksanakan oleh kedua sehingga kedepannya Batam dan Provinsi Kepulauan Riau di tahun 2020 lebih berseri, dimanis, bermarwah dan berdaulat,”sebut Khalish

Amirul Khalish Manik mengimbau sekaligus mengajak seluruh sahabat PRIMA DMI Kota Batam dan PRIMA DMI Kecamatan yang baru dilantik :
Sahabatku.

Janganlah berdiri didepanku karena aku bukan pengikut setiamu, Janganlah berdiri dibelakangku karena aku bukan pemimpin yang baikmu, tapi berdirilah disampingku karena aku mempunyai khilaf dan salah. Jadikanlah aku sebagai sahabat dan sebagai saudaramu untuk bersama-sama menuju kearah yang lebih baik, “ajaknya.

Tetap PRIMA dalam memberikan rasa empati, Tetap PRIMA dalam memberikan pencerahan, Tetap PRIMA dalam memberikan sebuah solusi, Tetap PRIMA dalam berjuang mencari Ridho

Semoga Impian dan harapan tersebut dapat terwujud untuk menjadi kenyataan serta mendapat Ridho Allah SWT. Aamiiin Yaa Rabbal ‘Aalamin,”tutupnya.

 

Kiriman : Taufik Chan





DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA