Puluhan Pelajar SLTA Berebut Juara Lomba Lukis Kain Kanvas di Mako Lanal Karimun





WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Sebanyak 40 siswa dan siswi tingkat SLTA sederajat antusias mengikuti perlombaan melukis kain kanvas di aula Yos Sudarso Mako Lanal Tanjungbalai Karimun dalam rangka peringatan HUT TNI ke – 74 tahun 2019, Sabtu (21/9).

Pelaksanaan kegiatan ini dihadiri langsung oleh Danlanal TBK Letkol Laut (P) Catur Yogiantoro, S.E., M.Tr Hanla beserta ketua Jalasenastri Cabang 6 Korcab IV DJA 1, Ny. Karindia Yogiantoro pengurus dan juga anggota jalasenastri serta para guru pembina dan orang tua, turut serta diikuti oleh dua siswa – siswi partisipan dari Sekolah Luar Biasa (SLB).

Disela – sela kegiatan, Danlanal Tbk Letkol Laut (P) Catur Yogiantoro, S.E., M.Tr Hanla menjelaskan bahwa pelaksanaan kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati hari ulang tahun TNI yang ke – 74 tahun 2019.

“Dimana sebelumnya dilaksanakan bakti sosial ke yayasan SLB, dan nantinya akan dilaksanakan juga kegiatan penanaman pohon manggrove serta tari sajojo secara serentak,” terangnya.

Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Tanjung Balai Karimun (TBK) termuda ini sangat berharap agar lomba yang dilaksanakan ini dapat melahirkan bibit-bibit muda seniman berprestasi.

“Para pelukis dari Karimun ini dimana khususnya adik – adik kita ini mulai dari tingkat SLTA sederajat, dengan keputusan dewan juri dapat diterima subjektif mungkin dan tidak ada yang mengintervensi,” kata dia.

Pada perlombaan ini, untuk hasil juara I, II dan III selanjutnya akan dikirim ke Jakarta untuk mengikuti perlombaan berikutnya pada tingkat nasional, yaitu di pusat Mabes TNI.

“Sehingga para siswa dan siswi dapat terbina sekaligus mampu memecut untuk giat dalam belajar melukis lagi,” tambahnya.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, salah satu dewan juri Tri Murti menjelaskan bahwa untuk kriteria penilaian dari tiga dewan juri sendiri diantaranya berupa kreatifitas yang ada pada gambar dari awal hingga akhir.

“Selain itu juga keindahan gambarnya, dari sketsa yang dibuat oleh para murid, serta gambar yang sesuai dengan tema dan dalam hal penilaian waktu,” terangnya.

Juara I Pinkpink yang berasal dari SLTA Negeri I Karimun mengaku sangat senang dan mengapresiasi pelaksanaan kegiatan perlombaan yang digelar oleh Mako Lanal Tbk ini.

“Lelah juga selama empat jam berjibaku dengan kanvas dan cat pewarna, dan hasilnya tidak sia-sia tentunya berkat dukungan dari orang tua, guru pembina dan karena selalu belajar melukis di sekolah dan rumah serta tidak lupa selalu berdoa,” kata siswi mungil kelas XII ini.

Pada perlombaan melukis kain kanvas tersebut, pemenang juara I berhak mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 3.000.000 dan piagam. Sedangkan untuk juara II berhak mendapatkan uang sebesar Rp 2.000.000 dan piagam.

Selanjutnya peserta yang meraih juara III mendapatkan hadiah Rp 1.000.000 dan piagam, serta untuk juara harapan I dan II meraih Rp 750.000. (ama)





DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA