Ternyata Anambas Miliki Bunga Raflesia Namun Belum dapat Perhatian Khusus dari Pemda

Ternyata Anambas Miliki Bunga Raflesia Namun Belum Dapat Perhatian Khusus dari Pemda





WARTAKEPRI.co.id, ANAMBAS – Viral di sejumlah Media Sosial Bunga Raflesia ditemukan di Anambas, ternyata Anambas selain memiliki wisata bahari Anambas juga memilik wisata lainnya, yang terdapat di gunung Samak Dusun Rintis Desa Tarempa Selatan Kecamatan Siantan Kabupaten Kepulauan Anambas, Selasa (17/9/2019).

Komunitas Pencinta Alam Anambas (Kompas) yang kala itu tengah mencari sumber mata air di Gunung Samak, Desa Rintis, Tarempa Selatan, Kecamatan Siantan, bersama pimpinan Pesantren berserta santri pada beberapa tahun silam menemukan Bunga Raflesia, tak menyangka ternyata Bunga Raflesia juga ada di Anambas.

Bunga Raflesia ditemukan di Anambas

Lokasi ditemukannya Bunga Raflesia ini tidak jauh dari pemukiman warga. Waktu tempuh ke lokasi Bunga Raflesia ini berada sekitar 20 menit, melewati kebun milik warga yang berada di kaki Gunung Samak Dusun Rintis Desa Tarempa Selatan.

Mukhtar Hakim Ketua Komunitas Pencinta Alam Anambas (Kompas) saat di konfirmasi mengatakan bahwa kala itu dirinya berniat mencari sumber mata air, namun tidak menyangka bahwa dirinya akan dipertemukan dengan Bunga langka itu, kirain cuma ada di daerah Indonesia lainnya ternyata saya temukan juga di Anambas.

“Waktu itu saya dan rombongan berniat mencari sumber mata air, kita didampingi para santri, ketemu bunga raflesia ini pun secara tidak sengaja,” ujarnya.

Menurutnya keindahan Kepulauan Anambas tidak hanya ada pada sumber laut saja akan tetapi Anambas ternyata punya keindahan alam yang langka, tumbuhnya bunga raflesia menjadi salah satu tujuan para wisatawan untuk datang ke Anambas selain keindahan pulau, pantai, dan wisata baharinya.

” Saya juga tidak mengira kalau di Anambas yang notabane nya kepulauan ini, ternyata ada bunga raflesia, biasanya yang terkenal sama Bunga Raflesia itu di bengkulu,” ucap Hakim.

Pada tahun 2015 Ekspedisi kembali dilakukan oleh Komunitas Pencinta Alam Anambas (Kompas). Mukhtar yang bersama tim kembali menemukan bunga raflesia di tempat yang sama, dimana pada tahun 2014 silam tim Kompas juga menemukan bunga tersebut. Bunga raflesia yang hidup di Kepulauan Anambas ini masuk dalam buku International Symposium Indonesin Giant Flower.

Hakim selaku ketua Kompas Kabupaten Kepulauan Anambas, mendatangi Lembaga Ilmu Penelitian Indonesia (LIPI) yang ada di Bogor, saat itu Mukhtar bertemu dengan pakar peneliti bunga raflesia Bu Sofi, ia mengatakan (Sofi red), kalau yang ditemukan tim Kompas memang benar bunga raflesia. Tepatnya bunga raflesia jenis SP, hampir setiap Tahun Bunga tersebut tumbuh di Anambas.

” Pada saat itu saya mengirimkan foto bunga raflesia yang kami temukan dan mengikutsertakan dalam ajang foto bunga raflesia se-Indonesia. Alhamdulillah bunga raflesia Anambas bisa masuk dalam buku tersebut, semoga dengan masuknya foto itu, Kepulauan Anambas bisa dikenal di mata dunia,” tutupnya.(Rama).





DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA