Polsek Batam Kota Ringkus RG Otak Pencurian Pipa Air ATB, Begini Modusnya

Polsek Batam Kota Ringkus RG Otak Pencurian Pipa Air ATB Begini Modusnya





WARTAKEPRI.co.id,BATAM – Polsek Batam Kota berhasil meringkus pelaku kasus tindak pidana pencurian pipa air ATB yang berada di tempat kejadian perkara (TKP) tepatnya di Dam Baloi Sei Panas Kota Batam

Kapolsek Batam Kota, AKP Ricky Firmansyah., SH., SIK., MH, mengatakan bahwa modus operandi dari tersangka melakukan aksinya, lantaran tidak bekerja alias menganggur karena itu timbul niat pelaku untuk mengambil pipa ATB tersebut untuk dijual ke pengepul besi.

Video di Chanel WartaKepri TV

“Uniknya, pelaku melakukan dengan cara menggerinda pipa tersebut, sehingga hasilnya dijual dengan harga 3 ribu sekilo. Adapun pipa tersebut beratnya hingga 30 kilogram,”kata kapolsek Batam kota AKP Ricky Firmansyah Selasa (17/9/2019) saat Pimpin Ekspose di Polsek Batam kota.

AKP Ricky menegaskan bahwa tersangka diamankan bernama (RG) dan satu lagi bernama (SL) yang kini masih DPO, yang mana kronologis kejadian pada Rabu (4/9/2019) kemarin sekitar pukul 18.00 WIB di Baloi Dam, pelaku melakukan pemotongan pipa ATB.

“Tidak butuh lama, Tim unit buser Reskrim polsek Batam kota berhasil menciduk pelaku, pada saat di lakukan penangkapan tersangka sempat melarikan diri namun akhirnya berhasil kita amankan,”ucap Ricky.

Menurut Ricky, Untuk barang bukti yang diamankan berupa satu bilah pisau, satu bilah kunci Inggris, seperangkat alat untuk melakukan pengelasan, tabung gas dan tiga buah pipa, yang berukuran Pertama satu meter dan yang kedua sekitar 10 meter dibagi dua,”tutur Ricky.

Ricky menjelaskan disaat tersangka melakukan pemotongan pipa terciumlah bau gas pengelasan tersebut, oleh salah satu saksi yang pada saat itu sedang bertugas menjaga daerah tersebut.

“Tidak hanya itu, Dari perbuatan tersangka, kerugian ATB mencapai 36 juta,”ungkapnya.

Adapun kepada pasal yang dijerat terhadap tersangka yakni pasal 365 KUHP dengan hukuman maksimal tujuh tahun penjara, “kata Ricky.

Kapolresta Barelang melalui Kapolsek Batam Kota AKP Ricky Firmansyah menghimbau kepada masyarakat untuk sama sama mengawasi terkait kegiatan atau aksi yang dilakukan oleh para pelaku baik itu pencurian pipa, pemutusan jalur pipa, pemotongan pipa, pengelasan pipa ataupun kepentingan publik lain seperti PLN Telkom dan kepentingan masyarakat banyak.

Karena kemarin ada yang sempat komplain terkait air mati tidak sempat hidup salah satu penyebabnya mungkin inilah. Jadi kami meminta sekali lagi kepada masyarakat Batam kota mari bantu kami bersama mengawasi segala hal yang terjadi disekitar kita yang dapat merugikan terutama terkait kepentingan publik,”tutupnya.(*)

Kiriman : Taufik Ch





DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA