Raker Pimpinan, Uniba Harus Cetak Selebriti Akademik dengan Reputasi yang Kuat

Raker Pimpinan, Uniba Harus Cetak Selebriti Akademik dengan Reputasi yang Kuat





WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Rektor Universitas Batam Dr Ir Chablullah Wibisono MM mengatakan pada Rapat Kerja (Raker) Pimpinan dan struktural di lingkungan Universitas Batam untuk menciptakan sumber daya yang inovatif dan adaptif terhadap teknologi. Makan diperlukan penyesuaian sarana dan prasarana pembelajaran dalam hal teknologi informasi, internet, analisis big data dan komputerisasi.

Chablullah Wibisono menjelaskan untuk menciptakan sumber daya yang inovatif dan adaptif terhadap teknologi. Maka lebih lanjut Perguruan tinggi harus menyediakan infrastruktur pembelajaran tersebut diharapkan mampu menghasilkan lulusan yang terampil dalam aspek literasi data, literasi teknologi dan literasi manusia.

Universitas Batam sebagai salah satu Universitas ternama di Kepulauan Riau diharapkan menjadi universitas yang hebat, tidak hanya besar dan memiliki Infrastruktur yang besar tetapi UNIBA perlu mengarah ke Entrepreneur University, mengembangkan mazhab keilmuan yang khas dengan karakter yang kuat.

UNIBA juga harus mencetak para ‘Selebriti Akademik’ dengan reputasi yang kuat. Tidak hanya itu Prof Dr Ir Jemmy Rumengan SE MM selaku pengawas Yayasan Griya Husada Batam ketika membuka Raker memberikan arahan kepada seluruh Pimpinan Rektorat dan Dekanat, bahwa kurikulum pendidikan tinggi harus memperhatikan revolusi industri saat ini, seperti desain ulang kurikulum dengan pendekatan human digital dan keahlian berbasis digital.

“Sistem perkuliahan berbasis teknologi informasi nantinya diharapkan menjadi solusi bagi anak bangsa di pelosok daerah untuk menjangkau pendidikan tinggi yang berkualitas,” papar Prof Dr Ir Jemmy Rumengan.

Sementara Ketua Panitia Raker yakni Wakil Rektor I Prof Nasruddin Noer M.Eng.Sc mengatakan raker ini untuk peningkatan tata kelola menghadapi perkembangan regulasi yang dikeluarkan oleh Kemenristek Dikti utamanya Tri Dharma Perguruan Tinggi, sebab saat ini universitas diharapkan harus mampu bersaing secara global.

Hal senada disampaikan Dr Muamar K yang membidangi bagian penelitian, tuntutan publikasi karya ilimiah khususnya hasil penelitian dosen dan mahasiswa harus publikasi.

Sebab karya tulis tersebut memiliki nilai akademis yang wajib diketahui oleh masyarakat luas baik tingkat nasional dan internasional. Raker kali ini dihadiri oleh seluruh rektorat, dekan, ka prodi dan pimpinan lembaga yang berada di Universitas Batam.(*r/agus)

Editor : Dedy Suwadha





DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA