Sekda Natuna Buka Pelatihan UPZ, Ibrahim Yakub: Tahun ini Penerima Zakat 390 Orang





WARTAKEPRI.CO.ID, NATUNA – Badan Amil Zakat Nasonal (Baznas) Kabupaten Natuna memberi penguatan kapasitas dan kemampuan amil dalam mengelola zakat pada Unit Pengumpul Zakat (UPZ). Pelatihan diselenggarakan di RM. Sisi Basisir, Ranai, Rabu, (11/9/ 2019).

Sekretaris Daerah Kabupaten Natuna diberi kesempatan untuk membuka pelatihan Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) Kabupaten Natuna dan penyerahan bantuan dana Zakat Baznas Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2019.

Dia mengatakan, sebagai seorang muslim kita diwajibkan untuk membersihkan harta kita hal ini bisa dilakukan dengan cara membayar zakat.

“Sebagai komitmen dari Pemerintah Kabupaten Natuna, kita mendukung Baznas, insyaallah mulai tahun depan kami seluruh instansi Pemerintah Kabupaten Natuna akan membayar Zakat,” kata Sekda Natuna Wan siswandi.

Pemda Natuna Sambung Wan Siswandi, akan membuat surat edaran kepada seluruh OPD dan seluruh pegawai untuk menyisihkan gaji dan pendapatan untuk membayar zakat.

” Kita akan surati instansi untuk Peningkatan manfaat zakat ini akan mendorong kesejahteraan masyarakat dan penanggulangan kemiskinan,” Kata Wan siswandi.

Para peserta pelatihan menerima materi mengenai manajemen pengumpulan zakat, fikih zakat profesi pengelolaan zakat di UPZ, manajemen pendistribusian dan pendayagunaan zakat hingga pengukuran kelayakan program.

Ia berharap, pelatihan ini dapat menghasilkan amil yang bukan hanya kompeten namun juga berdedikasi untuk melayani umat sepenuh hati.

“Pelayanan bukan hanya untuk muzaki pembayar zakat, namun juga bagi mustahik, golongan penerima zakat juga harus dilayani dengan baik,” katanya.

Sebelumnya, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Natuna,
telah menyalurkan Rp186 juta dana Zakat maal triwulan pertama tahun 2019.

390 orang penerima itu terdriri dari mustahiq, asnab, mualaf, fakir miskin lanjut usia, serta asnab fisabilillah di wilayah pulau Bunguran Besar, Kabupaten Natuna.

Ketua Baznas Natuna H. Ibrahim Yakkub penyerahan zakat maal dia mengatakan, adapun asnab fisabillillah yang menerima zakat maal kali ini adalah guru mengaji rumahan.

“Zakat yang disalurkan saat ini adalah hasil pengumpulan zakat maal sejak Januari hingga Mei 2019, ” kata Ibrahim, kepada media ini berapa waktu lalu.

Adapun jumlah bantuan yang diberikan kepada Mualaf dan Guru mengaji masing – masing Rp400 ribu dan fakir lanjut usia Rp1 juta.(Rky)





DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA