KRI Cut Nyak Dien Amankan Kapal Berbendera Vietnam di Perairan Jemaja Anambas



WARTAKEPRI.co.id, ANAMBAS – KRI Cut Nyak Dien(CND) – 375 sandar di dermaga Pelni Tarempa, untuk menyerahkan kepada Lanal Tarempa untuk menerima 1 Kapal Ikan Asing (KIA) berbendera Vietnam Tangkapan dari KRI CND – 375, penyerahan Kapal KIA dari KRI CND kepada Lanal Tarempa berlangsung di Gladak milik KRI CND, Kamis (12/9/2019).

Tampak hadir dalam acara serah terima tersebut adalah, Danlanal Tarempa, Dan KRI CND – 375, Palaksa KRI CND – 375, Pasops Lanal Tarempa, Pasintel Lanal Tarempa, Kadepops KRI CND – 375, dan Paurlid Sintel Lanal Tarempa.

Letkol Laut (P) Nur Rochmad Ibrohim, S.T.M.Si Komandan Lanal Tarempa mengatakankan bahwa terkait serah terima terhadap 1 KIA berbendera Vietnam Tangkapan KRI CND – 375 antara lain sebagai berikut, Penegakan hukum yang dilaksanakan oleh Unsur TNI AL di seluruh wilayah perairan kedaulatan Republik Indonesia pada setiap Kapal Asing Baik Kapal Ikan Asing atau kapal asing lainnya yang memasuki perairan kedaulatan Republik Indonesia tanpa dilengkapi dokumen yang lengkap atau melakukan pelanggaran apapun tidak ada tebang pilih semua akan di periksa, ditangkap dan diproses.tegasnya.

Inilah Data KIA asal Vietnam yang di tangkap oleh KRI CDN sebagai berikut Nama TFA 063, Bendera Vietnam, Tonage ±42.71 GT, Nahkoda Bui Van Ngo, jenis kelamin Laki-laki, Warga Negara Vietnam, dengan jumlah Abk 4 Warga Negara Vietnam, Waktu tangkap Hari Rabu tanggal 11 September 2019 Pukul 14.35 Wib.

Pelanggaran KIA diduga melakukan pencurian ikan secara illegal tanpa dilengkapi surat surat kapal  di wilayah ZEEI melanggar UU Nomor 45 Tahun 2009 tentang Perikanan, Pasal 27 ayat 2, Pasal 35 A ayat 2 Jo Pasal 93 ayat 2,4 Mengenai Kapal Ikan Asing.

Saat ini 1 KIA asal Vietnam beserta 5 Abk telah diserahkan oleh KRI CND – 375 kepada Lanal uTarempa untuk proses hukum selanjutnya.(Rama).

Sumber Lanal Tarempa







DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA