Meninggal Usia 83 Tahun, Presiden Ketiga RI BJ Habibie Suri Tauladan Bangsa, Tokoh Pembangunan Pulau Batam



#RIPBJHabibie

WARTAKEPRI.co.id, JAKARTA – Inailahi Wainailahi Rojiun. Selamat Jalam Bapak BJ Habibie Presiden ke 3 Republik Indonesia. Semoga Husnul Khotimah diampuni segala dosanya, surga tempatnya dan keluarga yang ditinggalkan tabahan hendaknya. Amin Yaraoba Alamin. INDONESIA BERDUKA. Inilah sebagian besar kutipan yang mengisi seluruh media sosial termasuk WhatApps Group, Rabu (11/9/2019) petang.

Dan, secara khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga menyampaikan ucapan duka citanya atas berpulangnya Presiden ketiga RI, Prof. BJ Habibie di RSPAD Gatot Subroto.

Usai bertakziah, Jokowi menyampaikan kesannya mengenai sosok BJ Habibie semasa hidup. Baginya, Habibie merupakan negarawan yang patut dijadikan contoh dan teladan bagi masyarakat, terlebih bagi pemimpin negeri ini.

Jokowi ingat bahwa Habibie adalah mantan Presiden yang tak segan-segan memberikan solusi atas persoalan dan tantangan yang dihadapi Bangsa Indonesia, baik dalam hal ekonomi atau kebangsaan.

Bahkan, jelas Jokowi, Habibie tak segan untuk datang ke Istana demi memberikan pandangannya terhadap permasalahan bangsa.

“Ataupun saya yang datang ke rumah Pak BJ Habibie. Saya kira beliau adalah seorang negarawan yang patut kita jadikan contoh dan teladan dalam kehidupan,” jelas Presiden Jokowi.

Jokowi juga mengenal Habibie sebagai seorang ilmuwan kelas dunia dan Bapak Teknologi bagi Indonesia. Eyang Habibie berpulang pada usianya ke-83, Rabu (11/9) petang pukul 18.05 WIB. Malam ini, jenazah Habibie akan dibawa ke rumah duka di Kuningan sebelum dimakamkan.

Golkar Mengenang Habibie sebagai Bapak Demokrasi

Partai Golkar menyampaikan duka cita terkait meninggalnya Presiden RI ke-3 Bacharuddin Jusuf Habibie. Golkar mengenang Habibie sebagai Bapak Demokrasi.

“Partai Golkar sangat kehilangan atas wafatnya Presiden Habibie. Beliau salah satu Presiden Indonesia yang mengukir sejarah dan terkenang jasa-jasanya sebagai Bapak Demokrasi Indonesia,” kata Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzilly, Rabu (11/9).

Menurut Ace, di bawah kepemimpinan Habibie, Negara Republik Indonesia mampu melewati badai dari ancaman terfragmentasi dan terpecah-pecah. “Beliau memuluskan jalan bagi proses transisi demokrasi Indonesia yang kita nikmati saat ini,” ujarnya.

Ace mengatakan, meski Habibie memimpin Indonesia dalam waktu singkat, namun ia telah meletakan fondasi demokrasi yang kuat dan solid. Selain itu, Ace menyebut Presiden Habibie menyelematkan ekonomi Indonesia dari krisis yang dapat memporak-pondakan negara kita.

“Partai Golkar sungguh sangat kehilangan. Kami sangat berduka atas kepergian beliau. Hingga akhir hayatnya, Almarhum tercatat sebagai Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar,” ujar Ace.

Sosok yang merancang Pembangunan Pulau Batam

Bagi warga Kota Batam yang telah hidup merantau 30 tahun lalu, tentu sangat mengenal sosok BJ Habibie. Sebelum menjadi presiden RI ketiga BJ Habibie adalah sosok yang merancang bagaimana tata kota dan pembangunan di Pulau Batam.

Satu hal yang masih kini diterapakan adalah pembangunan jalan utama dengan jarak jalan hingga 9 meter minimal dan maksimal 20 meter dari jarak bangunan atau ruko. Dan, kini pembangunan jalan di Kota Batam pada tahun 2019 ini, benar benar dibuat sangat luas serta sesuai dengan rancang pembangunan yang telah dipondasikan oleh alm BJ Habibie.

Kami Keluarga Besar Manajemen dan Redaksi WartaKepri.co.id mengucapkan turut berduka, Semoga Husnul Khotimah diampuni segala dosanya.(*)

Editor : Dedy Suwadha/Rpublika







DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA