Anambas Darurat Asap Kiriman dari Sumatera dan Kalimantan, Warga di Himbau Gunakan Masker



Wartakepri.co.id, Anambas – Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Stasiun III Tarempa Kabupaten Kepulauan Anambas sampaikan bahwa Jarak pandang di wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas tiga hari terakhir semakin menurun dan dikawatirkan akan semakin menebal hal ini disebabkan oleh kiriman asap dari luar daerah Anambas.Senin, 9/9/2019.

Informasi yang disampaikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) satsion III Tarempa telah terjadi penurunan jarak pandang yang diakibatkan kabut asap.

Samuel Staf BMKG bagian Perkiraan cuaca merincikan bentuk pola angin yang terus konsisten di tiga hari terakhir.

“Angin bertiup dari tenggara, barat daya sampai menuju barat laut dan menuju timur laut, sehingga membuat jarak pandang di kabupaten kepulauan anambas menurun sekitar 800 hingga 900 meter,”

Untuk titik kebakaran, BMKG Satsion III Tarempa mendeteksi saat ini terdapat titik kebakaran hutan di wilayah Sumatera dan sebagian wilayah Kalimantan yang berimbas dari pola angin yang membawa kabut asap ke wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas dan sekitarnya. Sementara itu untuk di Anambas belum ada titik api atau kebakaran, dan angin yang berada di Anambas melambat sehingga Kabut asap yang ada sangat sulit hilang.

Ia juga menjelaskan hasil prakiraan BMKG terkait titik asap. “Berdasarkan satelite BMKG saat ini, di tanggal 9 September jam 14:00 terdeteksi asap pada daerah Riau, Jambi dan Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan,” jelasnya.

Asap kiriman bisa dilihat dari citra satelit BMKG seperti saat ini tanggal 9 September sebaran asap di wilayah kabupaten kepulauan Anambas bisa melalui Modis Catalog 8 dan Web.metro BMKG.bebernya.

Islam Malik Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Kepulauan Anambas saat dikonfirmasi mengatakan bahwa dirinya akan membuat himbauan kepada masyarakat untuk segera meminimalkan keluar rumah dan jika mau keluar rumah agar memakai masker atau penutup hidung dan mulut, serta tidak membakar sampah yang di hasilkan oleh rumah tangga sehingga akan memperberat kabut asap yang saat ini sudah semakin menebal, dan ia juga berpesan kepada masyarakat supaya memperbanyak minum air putih atau mineral.

 

(Rama)







DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA