Wabub Natuna: Peternakan Siak Aplikasikan ke Natuna





WARTAKEPRI.CO.ID – Kabupaten Siak berhasil mengaplikasikan program pemanfaatan kotoran sapi dan air seni sapi menjadi pupuk cair, membuat Wakil Bupati Natuna penasaran, melihat lebih dekat proses pengerjaannya dapat diaplikasikan untuk pertanian Natuna.

Dalam kunjungan ke Kabupaten Siak, Wabup Ngesti didampingi Asisten II Tasrif Amran, Kabag Migas Faisal Firman dan UPT Pertanian di Kecamatan Bunguran Batubi.

Rombongan disambut Asisten II Setda Siak, Hendrisan didampingi Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Siak, Susilawati.

Kunjungan Pemkab Natuna ke Siak ini merupakan niat Pemkab Natuna, untuk mempelajari pemanfaatan hasil dari peternakan sapi, mulai dari pengolahan kotoran sapi menjadi pupuk kompos hingga air seni sapi yang menjadi pupuk cair.

“Kita menilai Kabupaten Siak telah berhasil mengaplikasikan program pemanfaatan kotoran sapi dan air seni sapi menjadi pupuk, sehingga bisa kita terapkan untuk di Natuna,” ungkap Ngesti. Dalam study banding kawasan Peternakan integrasi Sapi Sawit, Siak, Kamis (5/9/ 2019).

Mantan Angggota DPRD Kabupaten Natuna Tahun 2009 hingga 2014 itu, juga memberikan apresiasi terhadap Pemkab Siak dinilainya sebagai kabupaten berhasil dari berbagai sektor.

“Mulai dari Pariwisata, hingga peternakan seperti ini, Siak telah berhasil mensukseskan menjadi Program unggulan. Maka dari itu, masih banyak lagi yang perlu kami pelajari disini, agar Kabupaten Natuna juga bisa maju seperti Siak,” imbuhnya.

Peraih penghargaan Citra Wanita Pembangunan Indonesia tahun 2004 ini juga membuka lebar-lebar akses ke Natuna, jika pemkab Siak juga ingin mempelajari berbagai hal yang ada di Natuna, salah satunya di sektor perikanan.

“Natuna yang terkenal dengan sektor Perikanan juga mempersilahkan dengan senang hati, apabila Siak ingin mempelajari program-program perikanan yang ada di Kabupaten Natuna,” ungkapnya.

Kunjungan rombongan Pemkab Natuna itu, mengunjungi dua kelompok ternak yang berada di Kecamatan Dayun dan Kecamatan Tualang.

Dalam kesempatan tersebut, Ngesti juga memaparkan tentang 5 percepatan pembangunan Natuna, yang telah ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Diantaranya sektor Migas, Kelautan dan Perikanan, Pariwisata, Pertahanan dan Keamanan, serta Lingkungan Hidup.

“Natuna dengan percepatan pembangunan di 5 sektor tersebut, tentunya harus berupaya agar yang sudah ada ditingkatkan dan dimaksimalkan. Tujuannya adalah untuk meningkatan kesejahteraan masyarakat kita,” pungkas Ngesti.(Rky)

Sumber: Riau1.com





DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA