KSOP Kelas I Tanjungbalai Karimun Terapkan E-Ticketing, Beli Tiket Bisa Via Smartphone



WARTAKEPRI.co.id KARIMUN – Kantor kesyahbandaran dan otoritas kepelabuhan (KSOP) kelas I Tanjungbalai karimun, sebagai salah satu unit pelaksana teknis kementerian perhubungan yang bertanggung jawab kepada direktur jenderal perhubungan laut, pada Jum’at (6/9/2019) telah melaunching pembayaran tiket berbasis android.

Pada pelaksanaan kegiatan yang turut menyerahkan sertifikat focus group discussion (FGD) dan juga pemotongan nasi tumpeng serta penekanan tombol sirine ini, turut dihadiri oleh Pejabat nomor wahid di jajaran pemerintah kabupaten karimun, H. Aunur rafiq, ketua DPRD Karimun, Kakanwil DJBC khusus kepri, kepala karantina, instansi dan stakeholder terkait serta operator kapal.

Seusai peninjauan kebeberapa counter atau agen tiket di pelabuhan domestik dan internasional Karimun, kepala Kantor kesyahbandaran dan otoritas kepelabuhan (KSOP) kelas I Tanjungbalai karimun, Ir. Junaidi menjelaskn bahwa yang paling terpenting pada terobosan e-ticketing ini adalah masalah manifest kapal, jadi tidak adanya lagi manifest dengan jumlah penumpang yang ada di kapal itu tidak sesuai. 

“Selain itu juga memberikan kemudahan kepada masyarakat atau calon penumpang untuk mendapatkan kepastian dapat memesan tiket sebelum jadwal keberangkatan, tidak hanya dari Jasa perusahaan Oceana saja, akan tetapi PT. Pelni juga sudah lama menggunakan sistem tersebut,” jelas Junaidi.

Lebih dalam, Junaidi juga mengatakan untuk tujuan Internasional akan segera menyusul, dimana pada program diintegrasikan karena sudah berjalan oleh para operator kapal tujuan malaysia dan singapura tersebut.

Selain itu juga dengan berbagai tujuan lainnya seperti selat panjang, Sekupang Batam dan lainnya juga akan segera dilaksanakan.

“Kami sedang bernegosiasi dengan para operator-operator kapal dan juga jasa penyedia aplikasi, sehingga berharap agar seluruh lapisan masyarakat dapat menggunakan sistem aplikasi ini,” pintanya.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Bupati karimun H. Aunur rafiq menyampaikan pelayanan yang luas tentunya memerlukan inovasi-inovasi terbaru sesuai dengan tuntutan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan yang baik dan pelayanan yang prima. Selain itu juga Rafiq sangat mengapresiasi dengan di luncurkannya sistem penerapan E-ticketing berbasis android tersebut.

“Atas nama pemerintah kabupaten karimun, menyampaikan tahniah dan memberikan apresiasi terhadap program penerapan E-ticketing berbasis android ini, yang merupakan satu-satunya di provinsi Kepulauan Riau, yang mana tentunya dalam melakukan suatu proyek perubahan, dalam mekanisme sebuah terobosan yang tentunya memberikan manfaat yang sangat besar khsusunya bagi seluruh masyarakat bumi berazam,” ujarnya.

Sesuai dengan data pergerakan penumpang naik turun pada angkutan laut lebaran tahun 2019, dipelabuhan domestik dan internasional tanjungbalai karimun, tercatat pada sistem informasi angkutan dan sarana transportasi (SIASATI), kementerian perhubungan mencatat terdapat jumlah penumpang selama periode angkutan lebaran 2019 sebanyak 476.371 orang dan merupakan pelabuhan terpadat di Indonesia yang melayani angkutan penumpang setelah KSOP khusus batam dengan jumlah penumpang naik dan turun sebanyak 518.640 orang penumpang.(*)

Kiriman : Aziz Maulana
Editor : Dedy Suwadha







DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA