Hoaks! Informasi Mengenai Pemutihan SIM Tidak Benar, Ini Kata Wakasatlantas Barelang

Hoaks! Informasi Mengenai Pemutihan SIM Tidak Benar, Ini Kata Wakasatlantas Barelang



WARTAKEPRI.co.id, BATAM–Beberapa waktu terakhir, di media Whatsapps grup sering beredar informasi mengenai pemutihan SIM. Sehingga kita tidak ingin warga Batam menjadi korban informasi yang tidak jelas.

Kasat Lantas Polresta Barelang, Kompol I Putu Bayu Pati S.ik., M.H melalui Wakasatlantas AKP Kartijo SH, M.H menjelaskan bahwa berita tersebut sepenuhnya hoax. Jangan percaya dengan isu tidak benar.

“Saya juga sudah berkordinasi dengan Kanit Regident, Iptu Satri Putra SE mengenai hal tersebut, namun sampai dengan saat ini berita mengenai Pemutihan tersebut kita belum ada petunjuk dan arahan dari Korlantas Mabes Polri selaku pembina fungsi kami di wilayah” Ujar Wakasat AKP Kartijo.

Saat ini, untuk perpanjangan SIM, Polresta Barelang masih merujuk Peraturan Kapolri No 9 Tahun 2012 pasal 28 ayat (2) dan (3), Untuk perpanjangan SIM dilakukan sebelum masa berlakunya berakhir dan perpanjangan yang dilakukan setelah lewat masa berlakunya harus diajukan sebagai SIM baru, dan juga diperkuat dengan Surat Telegram Kapolri ST/985/IV/2016, yakni pada 20 April 2016 huruf BBB poin 3.

Selanjutnya, sambung Kartijo, untuk SIM yang telah lewat masa berlakunya walaupun 1 hari tidak bisa diperpanjang, SIM dapat diberlakukan kembali dengan melaksanakan proses penerbitan SIM baru sesuai dengan golongan SIM,”ucapnya.

 

Kiriman: Taufik Chan







DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA