Kekeringan, Pemkab Karimun Ajukan Mobil Tangki Air Kepada Kementrian PUPR



WartaKepri.co.id, Karimun – Terkait kekeringan yang melanda diwilayah bumi berazam, Kementerian pekerjaan umum dan perumahan rakyat (PUPR) menyetujui permintaan mobil tangki air yang diajukan oleh Pemkab karimun.

Satu unit unit mobil tangki air bantuan, dengan kapasitas 4000 liter beserta barang pinjam pakai lainnya seperi lima unit hidran umum, lima unit pondasi hidran umum, serta satu unit toilet portable tersebut telah diserah terimakan kepada Bupati karimun H. Aunur Rafiq yang turut didampingi oelh dirut PDAM karimun serta para kepala dinas terkait lainnya, di rumah dinas bupati pada Senin pagi (2/9/2019).

Penyerahan plakat dari pemerintah kabupaten karimun kepada balai prasarana dan pemukiman wilayah kementerian pekerjaan umum dan perumahan rakyat di serahkan secara simbolis untuk pendistribusian air bersih terhadap masyarakat yang terdampak kekeringan.

saat menyampaikan sambutannya, orang nomor wahid dijajaran pemkab karimun tersebut menjelaskan bahwa, prasaran pemukiman khususnya dikarimun ini untuk mengsinkronisasikan kegiatan-kegiatan yang didaerah-daerah pada bidang-bidang yang ada Dibawah naungan kementerian PUPR.

“Terdapat lima saat ini yang ada Dibawah balai prasarana pemukiman ini, oleh karena itu tentunya hala yang sangat baik ini tentunya sangat berharap dapat bermitra dan bekerja dengan baik,” terangnya.

Lebih dalam lagi, Rafiq menyampaikan bahwa untuk sambungan rumah tangga baru 8000 untuk tiga wilayah, sementara untuk karimun sendiri sekira 5000, yang sisahnya kundur, 900, ditambah dengan moro sebanyak 600 kepala keluarga (KK).

“Hal inilah yang memotivasi pemerintah kabupaten karimun untuk terus memfasilitasi pembangunan dan pengembangan sistem penyediaan air bersih atau air minum agar dapat terpenuhi kebutuhan akan fasilitas air minum khususnya bagi masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, pada kesempatan tang sama, kepala balai prasarana permukiman wilayah (BPPW) provinsi Kepri, Albert Reinaldo mangadakan bahwa peminjaman prasarana ini agar daapt dimanfaatkan dengan baik dengan dana bersumber dari APBN.

“Untuk saat ini kami kementerian PUPR sendiri hanya memiliki enam unit kendaraan tangki tersebut, dan itu disebar pada kabupaten/kota lainnya, seperti lingga, natuna, anambas serta tanjung pinang dn provinsi juga mengajukan, jadi memang karena terbatas untuk saat ini kami hanya dapat memenuhi satu unit saja dari kebutuhan yang diajukan oelh bupati yaitu sebanyak tiga unit,” ungkap Albert.

Bantuan pinjaman pakai Truk tangki air bersih beserta penunjang prasaran lainhya akan dikombinasikan dengan operasional kendaraan Reverse Osmosis (RO), sehingga diharapkan bantuan yang telah diserahkan tersebut dapat meringankan atau membantu masyarakat, khususnya yang ada diwilayah kundur, terutama dalam hal persediaan air bersih untuk kehidupan sehari-hari.

AMA







DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA