Kabupaten Karimun Kembali Menjadi Perwakilan Kepri Dalam Asman Toga



Wartakepri.co.id Karimun – Tim penilai Kelompok Asuhan Mandiri (Asman) Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (Toga) dan akupresur Tingkat Nasional Tahun 2019 melaksanakan kunjungan ke Kabupaten karimun pada Kamis (29/8/2019). Pada penilaian Lomba asman toga tahun 2019 kali ini, Kabupaten karimun menjadi salah satu perwakilan di provinsi kepulauan Riau.

Pada pelaksanaan kegiatan kunjungan Asman Toga Selasih di Parit Lapis, Kelurahan Parit Benut, Kecamatan Meral tersebut, dipimpin langsung oleh Tim Kemenkes yaitu Kasi Hatra Dit Yankestrad, Priatmo Triwibowo serta para anggota tin penilai yang meliputi Kasi Komplementer Berkelompok Dit Yankestrad In Ratri ADK bersama stafnya Cempaka Rini, kemudian TPPKK Pusat Rachmawati, staf Dit Primer Renta Yulfa Zaini serta bagian Hukormas Yankes Rachmat Fatoni.

Dalam penilaian tim asman toga pada tahun 2019 ini, kabupaten Karimun sendiri masuk dalam kategori perkotaan, serta berkompetisi dengan tiga kabupaten/kota lain yang juga masuk nominasi nasional, diantaranya adalah adalah Banjarmasin, Palembang dan Riau.

Selama di Karimun, Tim telah melakukan verifikasi lapangan dengan melakukan wawancara dengan staf Puskesmas, Camat, PKK Kecamatan, Kantor Asman Toga Selasih di Parit Lapis, Kelurahan Parit Benut, Kecamatan Meral serta keluarga binaan. Tim verifikasi juga menguji dan juga menilai terhadap praktik membuat ramuan dan pengamatan toga di rumah keluarga binaan dan kebun kelompok.

Seusai pelaksaan pembukaan serta kunjungan tim penilai, Orang nomor Wahid Dijajaran pemerintah kabupaten karimun Aunur Rafiq menyampaikan terima kasih kepada tim penilai dari Kemenkes, dimana Karimun sendiri telah masuk dalam nominasi 4 besar secara nasional dalam penilaian Asman Toga dan akupresur.

“Saya berharap agar tim penilai dapat mensurvei dan melihat secara langsung apa saja yang sudah dilakukan oleh kelompok Asman Toga yang masuk dalam nominasi tersebut,” ungkapnya.

Lanjutnya, kami mengharapkan kegiatan yang dilakukan pada hari ini bukan hanya berakhir di perlombaan tapi juga bagaimana ke depan agar hal serupa dapat dipertahankan guna menerapkan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi tanaman obat yang bermanfaat menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Kasi Hatra Dit Yankestrad Kementerian Kesehatan, Priatmo Triwibowo mengutarakan pada kunjungan kami adalah untuk melakukan verifikasi penilaian lapangan di Kabupaten karimun, dimana penilaian setelah dokumen dikirim dan diterima Kemenkes RI. Hasil penilaian ini akan digunakan untuk menentukan pemenang. Pemenang ditetapkan berdasarkan kategori wilayah. Untuk Kabupaten Karimun sendiri masuk pada kategori wilayah perkotaan.

“Salah satu poin yang menjadi penilaian penting adalah bagaimana masyarakat dapat memahami asuhan mandiri dan toga, selain itu Masyarakat juga mampu memanfaatkan dari jenis tanaman maupun tumbuhan serta membudidayakannya,” terang Triwibowo.

Namun secara keseluruhan, tim penilai mengapresiasi kesiapan Asman Toga Selasih parit lapis, terlepas dari kekurangannya, namun ini menjadi pemicu agar kesiapan seluruh anggota dalam mendampingi dan membina asman toga khususnya di wilayah bumi berazam, agar selalu terus melakukan guna terbangun pemahaman dan kemandirian masyarakat untuk selalu menerapkan pola hidup sehat.

AMA







DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA