Walau Hujan Pasukan Tetap Fokus saat Glagaspur Hari ke-2 Mako Lanal Tanjungbalai Karimun



WARTAKEPRI.co.id KARIMUN – Rangkaian kegiatan Uji Terampil Glagaspur P1 dan P2 hari kedua Mako Lanal Tanjungbalai karimun, di guyur hujan lebat. Meski demikian, para anggota prajurit Mako Lanal Tbk tetap semangat dan antusias mengikuti Pelaksanana kegiatan pada Selasa (27/8/2019).

Video di Chanel Youtube WartaKepri TV:

Tim Uji dari Komando latihan Koarmada I (Kolat Koarmada I) yg dipimpin langsung oleh Katim Kolonel Laut (P) Taman Sembiring, serta Lanal Tbk dipimpin oleh Danlanal TBK Letkol Laut (P) Catur Yogiantoro, S.E., M.Tr Hanla.

Disela-sela kegiatan, Danlanal Tbk Letkol Laut (P) Catur Yogiantoro, S.E., M.Tr Hanla menjelaskan bahwa Pada kegiatan yang memasuki hari kedua yaitu diantaranya Menembak Senjata Laras penjang dan pendek.
Kegiatannya sendiri digelar pada Lapangan tembak Kompi Raider khusus/136 Tuah Sakti di Kelurahan Pasir panjang Kecamatan Meral barat Karimun.

“Tujuan dari pelaksanaan Latihan ini dimaksudkan guna meningkatkan profesionalisme kemampuan prajurit dalam mencapai tugas pokok pangkalan dan menguji kesiapsiagaan Lanal Tbk dalam tugas yang emban,” ungkapnya.

Lebih lanjut, catur juga menyampaikan ucapan terimaksih dan mengapresiasi kepada seluruh prajurit, dimana mampu meningkatkan kesiapsiagaan dan profesi, tentunya akan dapat menentukan tindakan korektif yang diperlukan untuk mempertahankan serta meningkatkan tingkat kesiapan satuan khususnya pangkalan.

Selain dari pada Uji menembak, juga dilaksanakan Renang Militer, yang dilakukan di Kolam renang Viarama Kelurahan Lubuk semut Kecamatan Karimun. Serta terakhir dilaksanakan Pertahanan Pangkalan (Hanlan), Peran kebakaran, dan peran evakuasi Medis korban kebakaran yang dilakukan di Mako Lanal TBK di jalan Nusantara Kelurahan Balai kota Karimun.

Pada puncak terakhir Pelaksanaan uji terampil Glagaspur P-1 dan P-2 dalam upaya pimpinan atau komandan untuk mengetahui dan mengukur sejauh mana kemampuan dan kesiapan suatu pangkalan dalam menghadapi ancaman, gangguan, dan serangan pihak lawan atau musuh. Serta hasil evaluasi oleh tim penguji Koarmada I untuk menambah dan meningkatkan profesionalisme khususnya anggota Lanal Tanjungbalai karimun, turut serta diikuti dari Tim Kolat Koarmada I, Letkol Laut (P) Nugroho, Mayor Laut (P) Jaswadi, Peltu R. Anang, Pelda Ari dan juga Sertu Rudiyanto. Selain itu juga tutut serta diikuti oleh Pasops Lanal TBK Kpt. Laut (P) Amrizal Husin, S.ST Han, para Perwira Staf Lanal TBK, Bintara dan Tamtama dan Anggota Lanal TBK.

Uji Terampil Glagaspur Pangkalan Tingkat 1 atau P-1 sendiri dititik beratkan pada kesiapan perorangan dan kelompok dalam menggunakan peralatan dan persenjataan. Sedangkan pada Tingkat 2 atau P-2 merupakan kesiapan pangkalan dalam melaksanakan tugas secara bersama-sama baik secara teknis maupun taktis.

Penyelenggaraan Uji Glagaspur Pangkalan Tingkat 1/P-1 dan Tingkat 2/P2 merupakan salah satu fungsi Komando yang harus dilaksanakan guna menentukan tingkat kesiapan Pangkalan TNI A-L.

Tulisan : Aziz Maulana







DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA