Penen Raya Budidaya Ikan Keramba Binaan Lanal TBK Karimun di HUT Jalasenastri 73 Tahun 2019

Penen Raya Budidaya Ikan Keramba Binaan Lanal TBK Karimun di HUT Jalasenastri 73 Tahun 2019



Optimalkan Potensi Pangan di Perairan Karimun

WARTAKEPRI.co.id,KARIMUN – Dalam rangkaian kegiatan menyambut hari ulang tahun (HUT) Jalasenastri yang ke – 73 tahun 2019, Cabang 6 Korcab IV DJA I, Pangkalan TNI AL Tanjungbalai Karimun pada Jumat (23/8/2019) pukul 15.40 WIB, melaksanakan kegiatan Panen raya budidaya ikan Keramba milik Abdullah bin Ahmad (54) di Perairan Pulau Merak Kelurahan Sungai Pasir Kecamatan Karimun.

Pada pelaksanaan kegiatan di wilayah kerja Lanal Tanjungbalai karimun tersebut, dimana 2/3 wilayah di Kabupaten Karimun ini merupakan wilayah perairan sehingga potensi pangan di perairan harus dapat dioptimalkan pemanfaatannya.

Oleh sebeb itu, Jalasenastri sendiri memiliki peran penting dalam upaya pencapaian ketahanan pangan. Kegiatan Panen Raya Ikan keramba tersebut guna memberikan motivasi dan memfasilitasi pelaksanaan kegiatan masyarakat pesisir sesuai kearifan lokal, serta dapat membantu pengadaan ikan bagi nelayan budidaya yang dikoordinasikan dengan dinas perikanan.

Ketua Jalasenastri Cabang 6 Korcab IV DJA I Ny. Catur Yogiantoro, menyebutkan bahwa untuk tema kegiatan panen raya ikan keramba dalam rangka HUT Jalasenastri ke-73 tahun 2019 yaitu “Jalasenastri berperan aktif dalam mencerdaskan dan mensejahterahkan KeluargaTNI Angkatan Laut, serta peduli terhadap kesehatan dan pelestarian lingkingan hidup,”

“Untuk jenis ikannya yaitu Kakap putih dan ikan bawal bintang, oleh karena itu khususnya Lanal Tbk mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat Karimun agar peduli terhadap lingkungan dengan cara memanfaatkan lahan kosong yang dapat dioptimalkan keberadaannya menjadi tambak keramba ikan yang akan bermanfaat demi meningkatkan perekonomi masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Pemilik Kerambah ikan Abdullah menyampaikan Ucapan terima kasihnya yang telah dikunjungi oleh TNI Lanal tanjungbalai Karimun, serta memberikan bantuan pakan ikan yang sangat berguna.

“Kendala yang dihadapi selama budidaya ikan, hanya kapal yang melintas tidak memperlambat laju kapalnya, sehingga dapat merusak material Keramba seperti kayu, drum dan fiber pecah, serta jaring robek, Kurangnya pakan ikan karena harga mahal,” pintanya.

Keramba ikan yang dimiliki Abdullah sendiri yaitu jenis kerambah apung berjumlah 4 unit, setiap unit terdapat 6 kolam, untuk total keseluruhannya berjumlah 24 kolam, dimana untuk satu kolam berukuran 3×3 meter.

Ikan yang di budidaya oleh Abdullah beserta keluarganya yaitu jenis Ikan Kakap putih dan Bawal bintang. Bibit Ikan Kakap putih dibeli dari Tanjung Batu kecil dan Batam Rp. 5.500,- per ekor dengan ukuran 10 cm. Untuk Penen Ikan Kakap putih selama 10 bulan, hasil ikan per ekornya seberat 9 ons sampai dengan 1,3 kilogram, dengan harga jual Rp. 85.000,- per kilogram.

Sedangkan Ikan Bawal bintang dipanen selama 12 bulan, hasil ikan per ekornya mencapai berat 4 sampai dengan 5 ons per kilogram. Seluruh hasil panen ikan dijual ke Restoran dan rumah makan yang tersebar di bumi berazam.

Turut Hadir pada pada kegiatan yang juga diisi dengan Komunikasi sosial oleh Ketua Jalasenastri Lanal Tanjungbalai karimun beserta Abudullah dan juga Anggota Dinas Perikanan Kabupaten Karimun, yang disejalankan peninjauan pada tempat kolam-kolam ikan keramba, Ketua Jalasenastri Cabang 6 Korcab IV DJA I Ny. Catur Yogiantoro, Pjs. Palaksa Kpt. Laut (PM) Hadi Kuswanto, Pasops Lanal TBK Kpt. Laut (P) Amrizal Husin, S.ST Han, Kepala UPT BBI Dinas perikanan Karimun Syaeful Bahri, Penyuluh perikanan Dinas perikanan Karimun Gusnarti dan Fajri, Pengurus Jalasenastri Lanal TBK, Danposmat Meral Peltu Heriyanto beserta Anggota serta Anggota Sintel Lanal TBK.

Pada akhir acara, Turut serta menyampaikan Slogan atau Motto HUT Jalasenastri ke-73 tahun 2019, “Kami Jalasenastri Cabang 6 Korcab IV Daerah Jalasenastri Armada I Bersama Masyarakat Karimun mengucapkan ” Dirgahayu Jalasenastri ke-73, semoga Jalasenastri semakin kreatif, berprestasi dan tangguh dalam mendampingi tugas Suami “. Jalasenastri Jaya.(*)

Kiriman : Aziz Maulana







DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA