Masyarakat Desa Langir Lakukan Aksi Penyegelan Kantor Pemerintahan



Wartakepri.co.id, Anambas – Aksi Spontan Penyegelan Kantor Pemerintahan Desa Langir oleh Masyarakat Desa Langir, di Kantor Pemerintahan Desa Langir Kecamatan Palmatak Kabupaten Kepulauan Anambas, Jum’at, 23/8/2019.

Aksi penyegelan tersebut dilakukan atas nama Masyarakat Desa Langir dengan alasan, antara lain Kades Langir telah meresahkan masyarakat dalam hal pelayanan, seperti adanya Diskriminasi dalam pelayanan, kemudian Kades Langir membiarkan praktek mempekerjakan anak dibawah umur oleh pemborong pada proyek Add dan DD, serta Memperjual belikan tanah hibah.

Inilah sejumlah tuntutan masyarakat, dalam aksinya tersebut antara lain, Meminta Kades Langir Untuk mengundurkan diri, Meminta Kades membuat surat pengunduran diri, Meminta Camat Palmatak mengeluarkan surat Penon-Aktifan atas Kades Langir.

Mediasi antara Masyarakat Desa Langir dengan Redo Lithrony Fourty Grav.S.Ip (Camat Palmatak) dan didampingi oleh Ipda Gunawan Husein (Ps. Kapolsek Palmatak) dan Sertu Hasibuan (Mewakili Danramil Palmatak), Wan Mahdar (Sekcam Palmatak), serta Iskanda (Kades Langir), menghasilkan sebagai berikut.

Redo Lithrony Fourty Grav (Camat Palmatak) dalam penyampaiannya mengatakan, antara lain Akan mengkaji sesuai peraturan yang berlaku untuk syarat-syarat penonaktifan, ia Meminta kepada masyarakat agar membuka penyegelan kantor agar berjalannya aktifitas pelayanan masyarakat kembali berjalan dengan normal, Berdasarkan arahan dari Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas via Hp, bahwa beliau akan mengeluarkan surat Penon-Aktifan Kades Langir hari ini juga. Ucap Ridho.

Wan Mahdar (Sekcam Palmatak) dalam penyampaiannya juga mengatakan bahwa akan mengakomodir aspirasi masyarakat sesuai peraturan yang berlaku, diharapkan agar masyarakat agar tetap tenang.

Ipda Gunawan Husein (Ps. Kapolsek Palmatak) turut juga mengatakan, antara lain Menghimbau kepada masyarakat yang hadir agar tetap menjaga Kamtibmas, Tidak mentolerir tindakan tindakan provokatif dan Vandalisme, Berharap agar masyarakat membuka penyegelan kantor guna berjalannya pelayanan publik.

Iskandar (Kades Langir) dalam penyampaiannya mengatakan, antara lain Akan bersedia mengundurkan diri sesuai mekanisme yang berlaku, Pada hari ini masih mengakui bahwa beliau adalah kades hasil dari proses pemilihan yang sah.

Adapun Kesimpulan mediasi tersebut adalah Kades Langir di Non Aktifan sampai proses pemeriksaan internal Kades Langir oleh inspektorat, Hingga Inspektorat menemukan bukti adanya perbuatan pidana atau pelanggaran Etik atau Tidak, sekitar Pada pukul 09.45 WIB, telah dilakukan pembukaan penyegelan Kantor Desa Langir, saat ini Kantor Desa Langir bisa aktif kembali dan bisa melakukan pelayanan kembali kepada masyarakat dan Tugas Kepala Desa untuk sementara digantikan oleh Sekretaris Desa.(Rama).







DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA