Antisipasi Rasisme dan Diskriminasi Polres Anambas Gelar Pertemuan Dengan Tokoh Agama dan Masyarakat



Wartakepri.co.id, Anambas – Polres Kepulauan Anambas dalam menyikapi berita berita yang marak di Medsos terkait Rasisme dan diskriminasi yang berawal dari kejadian Ceramah Ustad Abdul Somad (UAS) dan Warga Papua, Polres Anambas laksanakan pertemuan dengan Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Kesbangpol terkait Antisipasi Rasisme dan Diskriminasi di wilayah Hukum Polres Anambas, yang berlangsung di Ruang Rapat Utama Polres Anambas, Rabu, 21/8/2019.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kompol Rafizal Amin, SH Waka Polres Anambas, dan dihadiri oleh Kasat Binmas Polres Anambas Iptu Robinsar, SH, Kasat Samapta Polres Anambas Akp Oloan Situmorang, SH, Kasi Propam Polres Anambas Ipda S.M. Simanjuntak, Ketua FKUB KKA Bapak H. Sardian, SHI, Kemenag Kabupaten Kepulauan Anambas yang diwakili oleh Bapak Adam Nur, Kesbangpol Kabupaten Kepulauan Anambas yang diwakili oleh Bpk. SOPIAN, (LAM) Lembaga Adat Melayu KKA yang diwakili oleh Bapak Syariffudin, Pemuka agama Islam diwakili oleh Bapak Al Sharing, Pemuka agama Kristen Tarempa HKBP, GPPS, GPIB, GBI dan KATHOLIK.

Kompol Rafizal Amin, SH Wakapolres Anambas dalam penyampain terkait maksud dan tujuan dilaksanakannya pertemuan ini adalah untuk menyatukan pola pikir antar pemuka agama dan pemuka masyarakat dalam menyikapi issue-issue yang berkembang saat ini di Medsos terkait Rasisme dan Diskriminasi yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan hidup berbangsa dan bernegara serta kerukunan hidup antar unat beragama khususnya di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Setelah pembukaan oleh Waka Polres Anambas dengan menyampaikan maksud dan tujuan pertemuan maka kemudian dilanjutkan dengan manampung tanggapan-tanggapan dari pemuka agama dan masyarakat terkait cegah tangkal agar issue-issue rasisme dan diskriminasi tidak berkembang di kalangan umat dan masyarakat Anambas sehubungan kejadian Warga Papua dan UAS sehingga kerukunan hidup beragama dan berbangsa di Kabupaten Anambas berjalan dengan aman, damai dan kondusif.

Beberapa tanggapan dan masukan yang diperoleh selama pertemuan antara lain dari Bapak Sopian dari Kesbangpol bahwa ia Menghimbau agar para tokoh agama dan tokoh masyarakat menyampaikan ceramah-ceramah agama terkait Hoax dan dampak yang ditimbulkannya.

Kemudian dari Bapak H. Sardian, SHI Ketua FKUB Kabupaten Kepulauan Anambas Meminta kepada pemuka agama baik Islam maupun Kristen untuk memberikan ceramah yang membina kerukunan antar umat beragama dan jangan memprovokasi umatnya sendiri.

Sedangkan Bapak Adam Nur dari Kemenag Kabupaten Kepulauan Anambas Untuk membina hubungan antar tokoh agama dan Tokoh Masyarakat perlu kiranya pertemuan pertemuan antar pemuka agama dilaksanakan minimal 1 bulan sekali untuk membahas masalah masalah yang berkembang seperti saat ini dan dalam minggu ini hendaknya tema ceramah agama baik di Masjid maupun Gereja sama yaitu terkait Hoax dan Rasisme serta Intoleransi

Dari Bapak Ronald Sianipar Pendeta GBI Siap untuk menjaga huhungan baik antar umat beragama di Kabupaten Kepulauan Anambas dan mendukung usulan untuk pertemuan pertemuan antar tokoh agama dan masyarakat.

Dari Bapak Pendeta Lius dari GPIB Tarempa Hendaknya segera dilaksanakan Deklarasi dengan menghadirkan semua tokoh agama dan masyarakat dengan judul Deklarsi Bersama menolak Ras, Intoleransi, Diskriminasi dan Hoax, dimana hal ini lebih bergema nuansanya.

Dari Bapak Syariffudin Perwakilan LAM Kabupaten Kepulauan Anambas Untuk menjaga situasi yang aman dan damai dalam menjalankan ibadah agama hendaknyalah kita semua menjalankan ibadahnya masing-masing dengan tidak mengganggu umat agama lainnya serta jangan menyulut hati umatnya didalam memberikan cerama agama.

Dari pertemuan tersebut dapat disimpulkan bahwa untuk mengantisipasi gejolak yang berkembang saat ini agar tidak berkembang di Anambas bahwa disepakati untuk dalam minggu minggu ini diminta kepada pemuka agama Islam maupun Kristen menyampaikan Ceramah Agama tema yang sama menyangkut tentang Hoax dan dampak yang ditimbulkan sehingga kerukunan hidup antar umat beragama dapat terjaga dengan baik.

Sumber : Humas Polres Anambas
Kiriman : Rama







DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA