Penurunan Bendera HUT RI ke 74 di Batam Dimeriahkan Aktrasi Budaya Nusantara

Penurunan Bendera HUT RI ke 74 di Batam Dimeriahkan Aktrasi Budaya Nusantara



WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Masyarakat Kota Batam antusias menyaksikan atraksi budaya dalam Parade Nusantara menjelang upacara penurunan bendera HUT ke-74 RI di Dataran Engku Putri, Sabtu (17/8/2019) sore. Bahkan di kerumunan penonton seputar lapangan juga tampak wajah-wajah warga negara asing.

Atraksi budaya yang ditampilkan antara lain kesenian Makyong dari Melayu. Kemudian cakalele, tarian perang asal Sulawesi yang dipersembahkan Kerukunan Keluarga Kawanua Batam. Selain itu juga penampilan tari khas Dayak Iban dari Pontianak. Serta suguhan barongsai dan reog Ponorogo.

“Terima kasih kepada sanggar dan ikatan keluarga berbagai daerah yang telah ikut berpartisipasi dalam kegiatan atraksi budaya ini. Bahkan ada yang langsung membawa pakaian adatnya dari Pontianak. Katanya kalau mau tampil jangan tanggung-tanggung. Itu luar biasa sekali,” tutur Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Ardiwinata selaku koordinator atraksi budaya ini.

Atraksi budaya ini diadakan untuk memeriahkan acara HUT RI tingkat Kota Batam. Khususnya di sore hari menjelang upacara penurunan bendera.

Walikota Batam, Muhammad Rudi kembali menjadi inspektur upacara sore itu. Sama seperti saat upacara detik-detik proklamasi pagi harinya.

“Biasanya upacara detik proklamasi saya inspektur. Penurunan bendera inspektur upacaranya Pak Wakil. Karena Pak Wakil sedang tak di Batam, menjalankan ibadah haji, maka kedua upacara ini, detik proklamasi dan penurunan bendera, saya yang jadi irupnya,” kata Rudi saat meninjau persiapan sehari sebelumnya.

Sementara yang bertindak selaku komandan upacara penurunan bendera adalah Mayor Laut (KH) Yudhi Widayat Patria, Pasops Lanal Batam. Dan Pasminlog Lanal Batam, Kapten Laut (T) Ridwan Q.R sebagai perwira upacara.

Anggota Paskibra yang bertugas saat penurunan bendera, yaitu Dai’va Prabu Yudha dari SMA Negeri 1 Batam sebagai Danpok Paskibra. Kemudian Vhirly Aurelia Clarizcha siswi SMA Negeri 20 Batam sebagai pembawa baki, Alfajar Madani siswa SMA Negeri 1 Batam pembentang bendera, Khairul Fadly Nasution siswa SMK Al Jabar Batam pemegang bendera, dan Farhan Azzura siswa MAN IC Batam penarik bendera.(*)

Editor : Dedy Suwadha







DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA