Cegah Kebakaran Hutan, Bhabinkamtibmas Desa Tulang Karimun Bentuk Posko Desa Anti Api

Cegah Kebakaran Hutan, Bhabinkamtibmas Desa Tulang Karimun Bentuk Posko Desa Anti Api



WartaKepri.co.id Karimun – Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) yang dipimpin langsung oleh Bripka Rinaldy bersama dengan Bintara Pembina Desa (Babinsa) Desa Tulang, Kopda Budiono pada Jumat (16/8/2019) siang di Desa Tulang Kecamatan Karimun melaksanakan kegiatan Pembentukan Posko Desa Anti Api.

Pada Pelaksanaan kegiatan yang turut serta memberikan Himbauan serta Pencegahan mengenai Kebakaran Hutan dan Lahan khususnya di Desa Tulang, disambut antusias oleh warga sekitar.

Kegiatan ini sekligus memberikan Alat Bantu untuk memedamkan Api apabila terjadi kebakaran Lahan, diantaranya yaitu Mesin Pompa Air, Alat Semprot Air, Selang Air sera Sepatu Bot untuk Posko Desa Anti Api di Desa Tulang.

Seluruh peralatan tersebut diserahkan kepada Kepala Desa Tulang, Kazman Zainal serta sekaligus Perwakilan Masyarakat Desa Tulang beserta Tokoh Masyarakat Desa Tulang, Abdul Razak.

Kapolsek Balai karimun, AKP. Budi Hartono menyampaikan bahwa, Kita terus berupaya untuk membentuk satuan tugas karhutla di desa tulang ini dengan membuat posko anti api desa Tulang yang beranggotakan seluruh perangkat desa mulai dari kepala desa (Kades), Bhabinkamtibmas, Bhabinsa serta masyarakat.

“Diharapkan agar dengan adanya posko tersebut, warga dwngan cepat dan tanggap terhadap bencana kebakaran yang berasal daei api, sehingga tidak terjdi kebakaran lahan di Desa Tulang,” harap Perwira yang baru saja mengakhiri masa lajangnya tersebut.

Lebih lanjut, Pria yang hobby olahraga bulu tangkis tersebut juga mengatakan, terlebih lagi di pulau Tulang ini tidak ada kendaraan pemadam kebakaran (damkar), jadi Polsek Balai mengusahakan memberikan mesin air, selamg serta alat semprot dan sepatu bot untuk di pergunakan satgas dan posko anti api pada desa yang rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan tersebut.

“Guna mengantisipasi dan mencegah terjadinya kebakaran lahan dimusim kering ini,” imbau Budi.

Dengan Terbentuknya Posko Desa Anti Api tersebut, diharapkan Terjalinnya Sinergitas dan Koordinasi yang baik antara tiga Pilar, diantaranya yaitu Kepala Desa, TNI dan Polri serta Warga Masyarakat.

Selain itu juga Masyarakat diharapkan agar turut serta dalam menjaga dan Antisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) khususnya di Desa Tulang, dan Masyarakat turut serta dalam Harkamtibmas agar selalu Kondusif dan Harmonis, serta Terciptanya situasi kamtibmas yang aman dan nyaman.(*)

AMA







DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA