Sidang Tahunan MPR, Jokowi Minta Izin Pindahkan Ibu Kota Ke Kalimantan





Wartakepri.co.id, Jakarta – Di hadapan anggota dewan DPD/DPR RI serta tamu undangan sidang tahunan MPR, Presiden Jokowi (Joko Widodo) membacakan pidato keduanya dengan memohon izin untuk pindahkan ibu kota ke Kalimantan.

“Pada kesempatan yang bersejarah ini. Dengan memohon ridho Allah SWT, dengan meminta izin dan dukungan dari Bapak Ibu Anggota Dewan yang terhormat, para sesepuh dan tokoh bangsa terutama dari seluruh rakyat Indonesia, dengan ini saya mohon izin untuk memindahkan ibu kota negara kita ke Pulau Kalimantan,” ucap Jokowi di ujung pidato keduanya di Gedung DPD RI, Jakarta, Jumat (16/8).

Jokowi juga menjelaskan, tujuan dari pemindahan ibu kota ialah demi pemerataan keadilan ekonomi, demi Indonesia maju, dan Indonesia yang hidup selama-lamanya.

Ucapan Jokowi ini pun mendapat sambutan tepuk tangan dari tamu undangan yang hadir.

Usai Jokowi berpidato, dilanjutkan dengan pembacaan doa. Dalam pembacaan doa, juga terdapat doa dan harapan soal pemindahan ibu kota sebagai solusi terbaik untuk rakyat Indonesia, maka memohon untuk dimudahkan dan menjadikan pilihan lokasi Kalimantan adalah tempat yang terbaik untuk ibu kota baru Indonesia.

Jokowi memastikan ibu kota Indonesia akan dipindah ke Pulau Kalimantan. Jokowi menurut rencana akan mengumumkan hari ini. Pihak Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) memperkirakan biaya untuk memindahkan ibu kota baru mencapai Rp 466 triliun. Kini modal yang dimiliki pemerintah untuk membangun ibu kota baru sekitar Rp 150 triliun.

Nantinya, pembiayaan pembangunan ibu kota baru berasal dari dana gabungan APBN, BUMN, skema Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU), dan fasilitas pendukung yang dibangun oleh pihak swasta.

Sumber:genpi



DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA