Asap Tebal, TPA Wilayah Punggur Belum Bisa Dipadamkan, Petugas Berusaha Padamkan Api





WARTAKEPRI.co.id, BATAM–Kebakaran hebat terjadi di wilayah Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Punggur, Kecamatan Nongsa, kota Batam pada Kamis (15/8/2019) sekira pukul 20.00 Wib.

Kebakaran tumpukan sampah seluas 2 hektar ini, penyebab terjadinya kebakaran masih dalam tahap penyelidikan. Saat ini api masih belum dapat di padamkan dan mobil pemadam kebakaran masih berusaha memadamkan api,”ungkap Kapolsek.

“Dalam insiden kebakaran TPA ini, Kita tidak bisa menduga adanya unsur kesengajaan namun dalam penyelidikan lebih lanjut. Kita fokus pada pemadaman dulu, supaya tidak meluas ke daerah lain,”ujar Kapolsek Nongsa Kompol Albert Perwira Sihite,SH.S.IK Jumat (16/8/2019) Di TPA Punggur, Nongsa Batam.

Kapolsek Nongsa Kompol Albert Perwira Sihite terlihat turun langsung untuk memantau sekaligus menjinakkan api, bahkan petugas juga dikerahkan untuk pengamanan supaya api tidak menjalar panjang di lokasi kebakaran TPA Punggur.

Kejadian ini berawal dari Saksi I atas nama Rijwan asal Bandung, 04 Februari 1989, Agama Islam Pekerjaan wiraswasta Alamat Kav Senjulung RT 002 Rw 010 Kel.Kabil Kec.Nongsa
No.HP : 085376998871

Saksi II nama Anjas Bin Kardi asal Karawang, 05 Juli 1977, Agama Islam
Pekerjaan Buruh Harian Lepas
Alamat Kav. Senjulung / TPA RT 003 RW 010 Kel.Kabil Kec.Nongsa
No.HP : 082284071396

Berikut Kronologis kejadiannya, sekitar pukul 19.45 wib saat saksi I mengikis sampah, lalu melihat api menyala di bagian bawah tumpukan sampah, saksi I berlari mengambil mobil suplai Air TPA Punggur untuk memadamkan api tersebut, namun api tidak berhasil dipadamkan api semakin membesar.

“Selanjutnya pada pukul 20.00 wib saksi II melaksanakan pekerjaan sebagai operator Alat berat sedang menggeser tumpukan sampah melihat kumpalan asap dan melihat api membakar tumpukan sampah, lalu saksi II menghubungi pemadam kebakaran, sekira pukul 20.30 wib, 2 unit Mobil Pemadam Kebakaran tiba di TKP dan langsung melakukan pemadaman dan api belum berhasil di padamkan.

Pada pukul 23.00 wib Mobil Water Canon Sat Samapta Polresta Barelang tiba di TKP langsung ikut membantu memadamkan api.

Adapun unit Pemadaman dilakukan menggunakan 1 Unit Mobil Damkar BP Batam,1 Unit Mobil Damkar Kota Batam, 2 Unit Mobil Suplai Air TPA Kota Batam,1 Unit Mobil Water Canon Sat Shabara Polresta Barelang,”tuturnya.

Sihite menyebut akibat dari kejadian tersebut, tidak ada korban jiwa maupun kerugian materil. Untuk TKP jauh dari pemukiman Penduduk.

Menurut keterangan saksi bahwa setiap musim kemarau selalu terjadi kebakaran Sampah tersebut karena sampah dalam keadaan kering dan cuaca panas.

Dalam kejadian di lokasi, Turut hadir di TKP Kapolsek Nongsa Kompol Albert Perwira Sihite, S.H., S.I.K, Kasat Shabara Polresta Barelang Kompol Firdaus, Danramil Nongsa, Kanit Tipiter Polresta Barelang Iptu River Hutajulu, SH, Kanit Intelkam Polsek Nongsa Iptu Mudjiono, Kanit Reskrim Polsek Nongsa Ipda Yustinus Halawa, SH., MH, Batara Biru, Piket IK, Opsnal,”tutupnya.



DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA