DPRD Lingga Minta Kominfo Serius Anggarkan Perbaikan Telekomunikasi di Pekajang dan Berhala





WARTAKEPRI.co.id, LINGGA – Fasilitas Telekomunikasi di Desa Pekajang Kabupaten Lingga harus jadi perhatian serius dari Pemerintah Kabupaten. Desa yang berada dekat dengan Bangk Belitung ini untuk fasilitas telekomunikasi baru maksimal untuk SMS dan menelpon.

Sekretaris Komisi II DPRD Lingga, Ahmad Nashiruddin pun meminta agar Pemkab Lingga membuka akses internet di pulau tersebut. Termasuk di Desa Berhala yang juga berada di perbatasan antara Lingga dengan Provinsi Jambi.

“Kami minta Kominfo memplot anggaran di APBD-P ini. Kami Komisi II sebagai mitra Kominfo siap mensuport,” kata Ahmad, Selasa (13/8/2019).

Ia menjelaskan, jaringan internet yang dimaksud bukanlah lewat tower telekomunikasi seperti telkomsel. Namun, melalui jalur khusus yakni, menggunakan perangkat Wireless Fidelity alias WiFi.

“Kalau tower itu untuk jaringan seluler nya, beda sama jaringan internet, ini khusus. Jadi bisa dibikin di kantor desa atau balai pertemuan warga, setiap masyarakat yang mau mengakses internet, mereka bisa datang ke areal kawasan yang sudah ada WiFi internet ini,” ujarnya.

Menurut Nashiruddin, pemasangan WiFi tersebut sangat penting. Pasalnya dapat membantu keperluan proses belajar mengajar, administrasi desa serta beberapa manfaat lainnya.

“Khusus untuk Pekajang dan Berhala ini, Pemkab khususnya Kominfo harus berperan aktif. Nanti setelah tersedianya jaringan internet lewat WiFi ini, tentu selanjutnya nanti bisa diserahkan ke desa untuk membayar iuran bulanannya,” ucap dia.

Dengan demikian, ia sangat mengaharapkan peran Kominfo Lingga untuk mengatasi permasalahan tersebut. Sehingga Pulau Pekajang dan Berhala yang sering dikunjungi wisatawan itu tersedia akses internet.(*/bnews)

Kiriman : Ravi Azhar



DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA