Tim Kemenhan RI Survey Multi Ocean Shipyard Karimun dan Cari Mitra Shipyard Buat Kapal Perang





WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Direktorat Jenderal Kekuatan Pertahanan Republik Indonesia (Ditjen Kuathan Kemhan RI) pada Selasa (13/8/2019) mengunjungi PT. Multi ocean shipyard (PT. Mos). Setibanya di Perusahaan Galangan kapal yang terletak di Desa Pangke Kecamatan Meral Barat Karimum tersebut, Dirjen Kuathan Kemhan Republik Indonesia Mayjen TNI Ida Bagus Puwalaksana, beserta rombongan disambut oleh seluruh jajaran Manajemen PT. MOS.

Rombongan Dirjen Kuathan Kemhan yang dipimpin langsung Dirjen Kuathan Kemhan RI Mayjen Ida Bagus Purwalaksana, S.I.P., M.M, turut serta Dirmat ditjen kuathan Kemhan RI Brigjen TNI Abdur Rahman Made, S.I.P., M.Si, Kasubdit Rembutmat ditmat ditjen kuathan Kemhan RI Kol. Cpl. Ir S. Usmarwanto, M.M, Wadirbekangad Kol. Cba Hery Hudriman, S.R., M.M, Pabandya alutsista Ban III Litbang ASRO Srenal Letkol Laut (T) Mohammad Ali Nugroho, Kasi Rembutmat TNI AL Subditrenbutmat Ditmat Letkol Laut (T) Febri Yakup Paruntu, Pabanda Harkan KRI Alpung Slogal Mayor Laut (T) Adhi Susanto, S.E, Penyusun bahan Renbutmatau Ditmat Penda I II/B, Sumaryatun, Staf Ditjen Kuathan Peltu Suhagus, Staf Ditjen Kuathan Sertu Ferly Manser.

Selain itu juga turut serta hadir Pendamping dari Dandim 0317/TBK Letkol Arm. Rizal Analdie, S.H., Danlanal TBK Letkol Laut (P) Catur Yogiantoro, S.E., M.Tr Hanla, Direktur utama PT. MOS Hartono, Komisaris Soechi group Handara, Komisaris Soechi group Darmadi, serta HRD PT. MOS Nasrul.

Disela-sela peninjauan, Dirjen Kuathan Kemhan, Mayjen TNI Ida Bagus Purwalaksana menjelaskan bahwa, kegiatan kunjungan kerja kalinini bertujuan untuk mensurvay serta mengecek Fasilitas dan kemampuan Tenaga ahli yg dimiliki oleh PT. MOS.

“ Sudah layak atau tidak diberikan kerjasama atau kontrak dari Kemenhan terkait pengadaan Kapal-kapal pendukung maupun kapal Perang,” jelas Jenderal bintang dua tersebut.

Lebih lanjut, Jenderal lulusan Akademi Militer 1987 ini menyampaikan akan memonitor seluruh fasilitas Galangan (shipyard) guna menumbuh kembangkan kemandirian terhadap Anak Bangsa, agar penggarapannya dari Kemenhan RI dapat dikerjakan oleh Perusahaan didalam Negeri.

“Survey terhadap Galangan Kapal juga akan dilakukan dibeberapa galangan Kapal lain yang berada di Provinsi Kepulauan Riau,” ujarnya.

Dimana nantinya Hasil Survey dan Pengecekan Galangan di PT. MOS akan segera dilaporkan ke Kemenhan RI sebagai bahan pertimbangan dalam penentuan atau pemilihan Galangan yang akan mengerjakan proyek dari Kemenhan tersebut.

Selaian itu juga Dirjen Kuathan Kemenhan RI akan meninjau beberapa Proyek pembuatan kapal Tanker pesanan Pertamina yang saat ini sudah dikerjakan oleh PT. MOS.

Pada Pelaksanaan kegiatan tersebut, turut serta di lakukan Penandatanganan Prasasti kunjungan kerja (kunker) Dirjen Kuathan Kemenhan RI, beramah tamah, serta Pemaparan oleh, Dirut PT. MOS, Dirjen Kuathan Kemhan RI. Dilanjutkan dengan Pemberian Cinderamata dan Presentase sesi tanya jawab serta berakhir dengan Peninjauan Fasilitas Kerja atau Produksi Dan juga Safety para pekerja PT. MOS.(*)

Tulisan: Aziz Maulana
Editir : Dedy Suwadha



DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA