Kapolres Karimun Bersama Dandim dan Danlanal Pimpin Apel Bersama Satgas Karhutla





WartaKepri.co.id, Karimun – Bertempat di halaman Mapolres karimun, pada Senin (12/8/2019), Kapolres karimun AKBP. Hengky Pramudya memimpin Pelaksanaan gelar Apel bersama dalam mengantisipasi dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan, khusus nya diwilayah kabupaten Karimun.

Hadir pada pelaksanaan kegiatan yang turut serta dilakukan pengecekan kesiapsiagaan seluruh Personil satgas serta kelengkapan sarana dan prasarana lainnya, Dandim 0317/Tbk, Danlanal, Basarnas, tagana, Satpol PP, para camat, serta seluruh Personil anggota TNI – Polri, serta stakeholder terkait lainnya.

Menyikapi hal tersebut, perlu adanya sinergitas pemerintah daerah, TNI – Polri, serta seluruh stakeholder terkait dalam penanggulangan bencana kebakaran. Sehingga langkah mengantisipasi serta mitigasi tidak lemah yang menjadikan atensi nasional, yang sesuai dengan amanat instruksi Presiden Nomor 16 tahun 2011, tentang peningkatan pengendalian kebakaran hutan dan lahan.

Seusai menggelar apel, Kapolres Karimun AKBP Hengky Pramudya menjelaskannya bahwa, upaya-upaya yang dilakukan guna penanggulangan bencana kebakaran hutan, diantaranya yaitu upaya preventif serta upaya penindakan.

“Para Kapolsek khususnya diujung tombak dibaninkantibmas sudah dapat bergerak bersinergi dengan Babinsa, lurah dan camat serta stakeholder lainnya, guna mengetahui titik-titik yang rawan terjadinya kebakaran,” tegasnya.

Sementara itu, pada kesempatan yang Sama Kepala Badan
Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) kabupaten karimun, Raden Eko Sarjono menjelaskan bahwa, terdapat dua atau tiga titik hotspot di karimun sendiri, akan tetapi untuk akurasi datanya masih kurang memadai.

“Titik hotspot hanya terjangkau di Tanjung pinang dan Bintan, serta dampak pola angin oleh karena itu himbauan Kami dari BMKG agar lebih waspada serta selalu Update informasi dari BMKG, karena kami dari BMKG sendiri selalu mengupdate informasi hotspot setiap harinya,” ujar pria asal Jogyakarta Jawa tengah tersebut.

Dengan digelarnya apel mengantisipasi dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan tersebut, dapat menyamakan langkah serta menentukan tekad untuk saling bahu membahu dalam mencegah serta penanggulangan kebakaran hutan dan lahan khususnya wilayah kabupaten karimun.

AMA



DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA