TGC Arab Saudi Lakukan Survei Jalur Evakuasi Jamaah di Lokasi Puncak Haji



WARTAKEPRI.CO.ID, TGC atau Tim Gerak Cepat PPIH Arab Saudi melakukan survei ke Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna) pada , Sabtu (3/8) yang merupakan lokasi puncak haji. TGC melakukan pemetaan terhadap pos-pos kesehatan dan jalur-jalur evakuasi jamaah dalam keadaan darurat.

Menurut Koordinator TGC PPIH Arab Saudi Daker Makkah, Erick Erwinsyah, mereka melakukan survei Armuzna yang merupakan tempat kerja yang akan ditempati Tim Mobile Crisis Resue (MCR) P3JH, dan juga para awak media. “Kita survei pertama di Arafah, kita petakan pemondokan serta enam pos kesehatan yang akan menempati pos-pos ad hoc di tengah pemondokan jamaah.”

Selain itu, Erick mengatakan melakukan jalur darurat untuk evakuasi jamaah. “Jadi begitu ada jamaah, kita tahu mana jalur terdekat evakuasi,” kata Erick.

Erick mengatakan juga menyurvei pemetaan di jalur Jamarat. “Kami akan melihat titik-titik krusial di mana kami bisa melakukan pertolongan di titik-titik jamaah bisa tumbang dan mungkin kelelahan karena kepanasan,” katanya.

Menurut Erick, pemetaan ini dilakukan setiap tahun. Hal tersebut untuk memperbaharui informasi jika terjadi perubahan.

“Misalnya terjadi pemindahan lokasi. Contoh, di Arafah pos ad hoc berubah dari posisi tahun lalu dengan tahun ini, otomatis pos kita juga berubah, jadi kita melihat pos dan jalur evakuasi kita yang baru,” kata Erick.

 

Dilansir melalui : Ihram.co.id







DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA