KPPBC Karimun Telah Tindak 18 Kali Penyelundupan dengan Nilai Sekitar Rp1.3 Miliar



WARTAKEPRI.co.id KARIMUN – Pada periode Januari 2019 sampai dengan Juli 2019 Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea cukai Tipe Madya Pabean B (KPPBC) Tanjungbalai Karimun telah berhasil melakukan 140 penindakan baik yang berasal dari luar Negeri, maupun Domestik.

Dari Barang-barang ilegal hasil penindakan tersebut diperkirakan mempunyai nilai kurang lebih Rp. 1.340.634.000.00, sedangkan untuk potensi kerugian Negara yang disebabkan barang-barang hasil penindakan tersebut kurang lebih sekitar Rp. 626.838.960.

Tindak lanjut dari penindakan-penindakan tersebut diantaranya ditetapkan sebagai Barang Dikuasai Negara (BDN) sebanyak 121 penindakan, diserahkan ke instansi terkait lainnya sebanyak 1 penindakan, serta diselesaikan kewajiban kepabeanannya sebanyak 18 penindakan.

Seusai menggelar Press realese, Kasubsi Penindakan M. Jangka mengutarakan bahwa, dari hasil dua penindakan yang barangnya didominasi dari Batam tersebut, tersangkanya berhasil melarikan diri dan meninggalkan seluruh barang kirimannya.

“Barang-barang tersebut pengirimannya dititipkan melalui kapal-kapal ferry, yang notabene tidak bertuan, sehingga sulit dilacak siapa gerangan pemilik barang tersebut,” ujar Jangka.

Kendati demikian untuk penindakan pada kapal KM. Muda Jaya yang membawa BKC yaitu minuman beralkohol. Petugas KPPBC Berhasil mengamankan satu orang inisial M-S. Dari kapal KM. Muda Jaya tersebut, berhasil ditemukan sebanyak 2400 kaleng Minuman Mengandung Etil Alkohol (MMEA) golongan A merk Tiger.

Kemudian, 180 botol MMEA golongan C merk PTK, dan 425 colly barang campuran lainnya. Barang tersebut nilainya Rp48.600.000 dengan kerugian negara Rp17.082.000. Tersangka M-S diduga telah melanggar PP Nomor 10 tahun 2012, dan barang hasil tegahan ditetapkan sebagai barang milik negara.

Press Relase yang digelar diruang Media centre KPPBC TMP B, pada selasa (30/7/2019) turut dihadiri oleh Instansi terkait lainnya seperti Mako Lanal Tbk, Karantina, KSOP Kelas I Tanjungbalai Karimun, Polsek KKP tersebut, berdasarkan Nomor pers – 03/ WBC.04/KPP.MP.0110/2019 Penindakan Semester Awal.(*)

Kiriman : Aziz Maulana







DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA