Bupati Anambas Secara Resmi Bursa Inovasi Desa Cluster Pertama 2019

Bupati Anambas Secara Resmi Bursa Inovasi Desa Cluster Pertama 2019





WARTAKEPRI.co.id, ANAMBAS – Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas Buka secara resmi acara Bursa Inovasi Desa Cluster pertama yang dilaksanakan oleh enam kecamatan yaitu kecamatan Siantan, Sunatan Timur, Siantan Selatan, Palmatak, Siantan tengah dan Siantan Utara yang bertempat di gedung BPMS Tarempa, Sabtu (27/07/2019).

Acara tersebut dipimpin langsung oleh Abdul Haris, SH, Bupati Anambas dan dihadiri oleh Muhammad irfan, M.Pd tenaga Ahli Madya program inovasi desa Provinsi Kepri, kementrian desa, pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi. Kepala organisasi perangkat daerah yang tergabung dalam ESKA TIK, kelompok kerja dari tim inovasi dari kabupaten kepulauan Anambas (POKJA TIK), camat se Kabupaten Kepulauan Anambas, tim pelaksa inovasi desa (TPIDE ), se kabupaten kepulauan Anambas, kepala Desa se kabupaten kepulauan Anambas, pendamping desa, BPD se kabupaten kepulauan anambas, toko masyarakat, tamu undangan, Pantia tim inovasi kabupaten dan pendamping P3MD kabupaten Anambas.

Muhammad Irfan, M.Pd tenaga ahli madya program inovasi desa propinsi kepri, kementrian desa, pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi dalam sambutannya mengatakan Kapasitas desa dalam menyelenggarakan pembangunan dalam perspektif “desa membangun” disadari masih memiliki keterbatasan.

Keterbatasan itu tampak dalam kapasitas aparatur pemerintah desa dan masyarakat kualitas tata kelola desa maupun sistem pendukung yang diwujudkan regulasi dan kebijakan pemerintah yang terkait dengan desa koreksi atas kelemahan atau kekurangan dan upaya perbaikan terkait hal diatas terus dilakukan oleh kementerian desa pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi secara proaktif, salah satunya dengan meluncurkan program inovasi desa (PID).

Kementrian desa pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi menyelenggarakan kegiatan Bursa inovasi desa (BID) tahun 2019 kegiatan ini bertujuan sebagai tempat atau forum penyebaran dan pertukaran kegiatan kegiatan inovatif masyarakat yang berkembang di desa desa.

Abdul Haris SH Bupati Kepualauan Anambas mengatakan bahwa selama 5 tahun mulai tahun 2015 sampai dengan 2019 Kabupaten Anambas melalui desa, telah mengelola dana dengan rincian sebagai berikut pertama dana desa Rp.187.906.428.000, kedua alokasi dana desa Rp.203.293.283.055 dan yang ketiga pajak dan retrebusi Rp.6.143.317.059 dengan jumlah total Rp.397.343.028.114

Kegiatan program inovasi desa dibagi menjadi dua cluster yaitu cluster pertama dilaksana oleh enam kecamatan yaitu, kecamatan siantan, Siantan timur, Siantan Selatan, Palmatak, Siantan tengah dan Siantan Utara bertempat di gedung BPMS Tarempa sedangkan cluster kedua dilaksana oleh tiga kecamatan yaitu, kecamatan jemaja, jemaja timur, dan jemaja barat yang bertempat di letung.

“Kami sangat berharap desa dan perwakilannya dapat mengambil komitemen sebagai salah satu bentuk pembangunan yang berkualitas karena jenis kegiatan ditawarkan ini sudah terbukti keberhasilannya secara nasional untuk kita terapkan didesa kita.

Perlu disampaikan bahwa kabupaten kepulauan anambas mendapatkan prestasi terkait pencairan dana desa tercepat dibandingkan dari beberapa kabupaten lainnya.

” Oleh karna itu melalui forum ini saya menyampaikan terima kasih kepada pemerintah desa kecamatan dan khususnya dinas sosial pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak dan pemberdayaan masyarakat desa yang telah bekerja keras dan bekerjasama selama ini. Pemerintah kabupaten Anambas sangat berkomitmen agar desa menjadi lebih baik perbaikan ini terwujud jika aparatur desa didorong untuk selalu meningkatkan pengetahuan dalam penggunaaan dana desa yang efektif,”ujar Abdul Haris SH.

Kegiatan diakhiri dengan pemukulan gong oleh bupati kepulauan Anambas yang didampingi oleh kepala dinas sosial kabupaten kepualauan Anambas, tenaga ahli madya program inovasi desa propinsi kepri, serta foto bersama kepala desa se-kabupaten kepualauan Anambas BPD, Tokoh masyarakat, tamu undangan dan panitia inovasi kabupaten dan pendamping P3MD Anambas.(Rama)





DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA