Tunggu Hasil MK, KPUD Karimun Kembali Menunda Hasil Perolehan Kursi Partai Politik



WARTAKEPRI.co.id KARIMUN – Bertempat Di Ballroom Hotel Asto Karimun, Pada Senin Malam 22 Juli 2019 Komisi Pemilihan Umum Daerah Atau Kpud Kabupaten Karimun Menggelar Rapat Pleno. Dimana KPUD Sendiri Kembali Menunda Hasil Perolehan Kursi Partai Politik Serta Calon Terpilih Para Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Karimun Untuk Periode Periode 2019 Sampai Dengan 2014.

Penundaan Penetapan Hasil Pemilihan Umum Legislatif Atau Anggota Dprd Karimun Periode 2019-2014 Tersebut Karena Permasalahan Sangketa Di Mahkamah Konstitusi Terkait Gugatan Partai Berkarya. Sehingga Sidang Pleno Tersebut Harus Ditunda Sampai Adanya Penetapan Di Mk/ Informasi Tersebut Diterima Kpu Saat Penyampaian Rekapitulasi Suara Pileg.

Seusai Pelaksanaan Rapat Pleno, Ketua Kpud Karimun Eko Purwandoko Menjelaskan Bahwa Informasi Yang Disampaikan KPU – RI Terkait Sangketa Di Mahkamah Konstitusi (MK), Dimana Gugatan Partai Berkarya Melalui Surat Edaran Terkesan Mendadak Setelah Seluruh Persiapan Pleno Penetapan Itu Sudah Digelar Bahkan Dibacakan Didepan Tamu Yang Hadir.

“Tadi Sudah Siap Menyampaikan Penetapan Hasil Pemilihan Umum Legislatif Anggota Dprd Karimun. Namun, Karena Ada Surat Edaran Baru Dari KPU RI Terkait Sangketa Pemilu Dilayangkan Partai Berkarya Untuk Pemilihan DPR – RI Sehingga Berpengaruh Terhadap Penetapan Ini, KPU RI Meminta Menunggu Sampai Sangketa Pemilu Yang Di Mahkamah Konstitusi Itu Selesai,” terang Eko.

Batasan Waktu Untuk Sidang Perkara Sengketa Pemilu Itu Paling Lambat Sampai Awal Agustus 2019.Sehingga Diprediksikan Sidang Pleno Penetapan Akan Dilakukan Paling Lambat Agustus Mendatang.

Pihak Kpud Karimun Sendiri Akan Mengajukan Surat Keterangan Pengangkatan Gubernur Melalui Bupati Nanti Untuk Surat Keputusannya. Mengenai Pelantikan Dijadwalkan 29 Agustus 2019. Hanya Saja, Apakah Ditunda Atau Tidaknya Bukanlah Ranah KPUD Lagi, Karena Kewenangan KPUD Hanya Sebatas Pengusulan Saja.

Setelah Terdapat Keputusan Akhir Dari MK Terkait Perkara Itu Tersebut, Maka Selanjutnya 5 Hari Paling Lambat Kpud Karimun Sudah Harus Dapat Menetapkan Pada Tahapan Selanjutnya. Dimana Usai Penetapan Suara Parpol Dan Calon Terpilih Maka Akan Membuat Pengusulan Surat Keterangan Pengangkatan Kepada Gubernur Kepri Melalui Bupati Karimun.(*)

Kiriman : Aziz Maulana







DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA