Tim KPK Geledah Rumah Nurdin di Karimun dan Kantor Dishub Kepri Tanjungpinang



WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah rumah pribadi Gubernur Kepri (nonaktif), Nurdin Basirun di Kecamatan Karimun, Tanjungbalai Karimun, Selasa (23/7/2019) pagi.

Saat tiba di kediaman Nurdin yang terletak di Bukit Senang, Karimun, tim penyidik KPK mendapati pagar rumah dalam kondisi terkunci. Rumah Nurdin juga tampak lengang. Untuk mensiasati hal tersebut, KPK mencoba membuka paksa dengan cara merusak gembok pagar rumah menggunakan gerinda.

Selain itu, untuk membuka pintu rumah Nurdin, KPK meminta bantuan tukang untuk membuka pintu dengan menggunakan alat. Setelah pagar dan pintu rumah berhasil dibuka, petugas KPK kemudian masuk ke dalam rumah.

Penggeledahan KPK di rumah Nurdin juga mendapat penjagaan dan pengawalan dari aparat kepolisian. Sejumlah personel Sabhara Polres Karimun tampak berjaga-jaga di rumah tersebut.

Hingga saat ini belum ada keterangan resmi dari KPK terkait penggeledahan di rumah Gubernur Kepri nonaktif tersebut. Sebelumnya, KPK juga menggeledah rumah dinas Gubernur di Gedung Daerah Tanjungpinang. Selain itu, KPK hari ini juga menggeledah Kantor Dishub Kepri.

Proses Geledah Kantor Dishub Kepri

Sembilan Tim penyidik KPK menggeledah kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kepri, akhirnya Jubir KPK Febri Diansyah menjelaskan perihal penggeledahan yang dilakukan pihaknya, Selasa (23/7/209). Hal ini diketahui saat salah satu awak media online di Tanjungpinang menghubungi Jubir Komisi Anti Rasuah tersebut melalui ponselnya.

Dia mengatakan bahwa penggeledahan itu masih merupakan penyidikan terkait dengan jabatan Gubernur Kepri non aktif Nurdin Basirun yang diamankan KPK beberapa minggu lalu. Tim KPK mengamankan sejumlah dokumen terkait perizinan pemanfaatan ruang laut di Kepri dalam sebuah koper besar warna hitam.

“Tim KPK tadi melakukan penggeledahan di sejumlah lokasi di Kepri. Salah satunya Kantor Dishub Kepri. Tim mengamankan sejumlah dokumen terkait perizinan pemanfaatan ruang laut di Kepri,” terang Febri.

Sebelumnya, Diperkirakan sekitar 2 jam lamanya KPK menggeledah kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kepri, Tim membawa 1 koper besar warna hitam dari dalam kantor tersebut, Senin (23/7/2019) sekitar pukul 11.00 Wib.

Pantauan awak media ini di lokasi, salah satu dari 9 Tim KPK yang membawa 1 koper ukuran besar tersebut hasil dari dalam kantor Dishub Kepri dimasukkan ke dalam mobil Toyota Inova warna Silver BP 1733 FD.

Tapi, sangat disayangkan, satu awak media pun tidak dapat mengkonfirmasi apa yang dibawa dan apa masalahnya sehingga Komisi Anti Rasuah tersebut menggeledah kantor Dishub Kepri yang dipimpin oleh Jamhur. (*)

Sumber : Kabar Batam/Novendra
Editor : Dedy Suwadha







DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA