Instagram Merilis dua Fitur Baru Anti Bullying, Bagaimana Cara Kerjanya



WARTAKEPRI.co.id, Tekno – Instagram baru saja meluncurkan dua fitur baru unutk mencegah perundungan (bullying). Kedua fitur itu adalah ‘restrict’ dan ‘comment warning’.

Fitur baru ini akan menyaring komentar yang berisi serangan atas penampilan atau karakter seseorang, serta ancaman terhadap kesejahteraan hidup atau kesehatan seseorang. Filter anti-bullying ini terpasang secara otomatis bagi pengguna Instagram di seluruh dunia dan dapat diatur melalui pilihan Comment Controls.

“Dengan ‘restrict’, Anda dapat melindungi akun Anda dari perundungan tanpa ada notifikasi pada pelaku. Sekali Anda me-‘restrict’, maka hanya Anda dan mereka yang dapat melihat komentar pada unggahan Anda kecuali Anda menyetujui komentar Anda,” tulis CEO Facebook Sheryl Sandberg di akun Instagramnya, Selasa (9/7).

 

“Dan ‘comment warning’ membuat orang tahu apakah komentar mereka cenderung ofensif sebelum mereka unggah. Uji coba menunjukkan bahwa hal itu mendorong orang untuk membatalkan komentar dan membagikan sesuatu yang menyakitkan,” lanjutnya.

Fitur itu, lanjut Sherly Sandberg, terinspirasi oleh pengguna Instagram yang berusia muda. Mereka ragu untuk memblokir, unfollow, atau melaporkan pelaku perundungan karena khawatir dapat membuat situasi menjadi lebih buruk.(*)

Editor : Naldo

 







DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA