Proses Pemakaman Sutopo Purwo Nugroho Akan Dilakukan Secara Militer Hari Ini


Polres Anambas

WARTAKEPRI.CO.ID, Kabar duka datang dari keluarga besar BNPB atau Badan Nasional Penanggulangan Bencana. Kepala Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho meninggal dunia karena bergelut dengan penyakit kanker paru-paru yang ia derita.

Kepala BNPB Letjen Doni Monardi mengatakan keluarga besar BNPB sangat berduka atas meninggalnya Sutopo. Menurutnya, keluarga besar BNPB bahkan menjuluki Sutopo sebagai pahlawan kemanusian.

“Keluarga besar BNPB menganggap Pak Topo pahlawan kemanusiaan,” ujar Doni saat dihubungi, Minggu (7/7/2019).

Dilansir melalui Detik.com, Doni menuturkan bahwa BNPB telah berusaha maksimal demi kesembuhan Sutopo, hingga mengirim Sutopo ke Guangzhou, China untuk melakukan pengobatan. Namun ternyata takdir Tuhan bicara lain. Sutopo meninggal dunia di sebuah rumah sakit di Guangzhou, China.

“Keluarga besar BNPB sangat berduka atas kepulangan Pak Topo. BNPB berusha semaksimal mungkin memberikan pelayanan kesehatan kepada Pak Topo agar Pak Topo bisa pulih kembali,” kata Doni.

“Pak Topo diberangkatkan ke Guangzhou karena beberapa pasien kanker itu sembuh di Guangzhou, setelah melewati di beberapa tahun pengobatan di Jakarta, di beberapa rumah sakit,” sambungnya.

Semasa hidup, Sutopo dikenal sebagai seorang pekerja keras. Berkat kerja kerasnya ini, tak heran bila Sutopo memanen sejumlah prestasi. Sutopo menyabet prestasi sebagai komunikator terbaik hingga PNS teladan. Berikut ini 11 penghargaan yang pernah didapatkan oleh pria asal Boyolali ini:

1. Communicator of the Year 2018 dari Kominfo dan ISKI.
2. Tokoh Komunikasi Kemanusiaan dari Kominfo dan ISKI.
3. The First Responders dari The Straits Times.
4. Tokoh Teladan Anti-Hoax Indonesia 2018 dari Mafindo.
5. IAGI Awards 2018 Bidang Komunikasi Bencana Alam dari Ikatan Ahli Geologi Indonesia.
6. Outstanding Spokesperson of the Year 2018 dari Jakarta Foreign Correspondents Club.
7. Anugerah Perhumas 2018 Kategori Humas Pemerintah dari Perhumas Indonesia.
8. The Most Inspirational ASN 2018 dari KemenPANRB
9. 5 Terbaik PNS Inspiratif 2018 dari KemenPANRB.
10. 10 Terbaik PPT Teladan 2018 dari KemenPANRB.
11. Human Initiative Award 2018 dari PKPU

Doni mengatakan pemakaman Kepala Pusdatin dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho hari ini akan dilakukan seperti pemakaman militer dengan peserta para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Boyolali, Jawa Tengah..

“Pemakamannya akan kita coba dengan tata cara militer, tetapi pesertanya dari kalangan PNS,” ujarnya usai mengantar jenazah ke rumah duka di Perumahan Raffles Hills, Kota Depok, Jawa Barat, Minggu (7/7) malam.

Ia mengaku untuk mewujudkan hal tersebut, BNPB sudah bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Tengah dan Kabupaten Boyolali guna menerjunkan PNS sebagai peserta upacara pemakaman almarhum Sutopo.

 

Dilansir melalui : Detik.co, & CNN Indonesia



DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA
AWAL BROS