Cara Natuna Dongkrak Pariwisata, Kemenpar Bangga Yacht Rally Sail To Natuna Sukses





WARTAKEPRI.CO.ID, NATUNA – Sail to Natuna 2019 kembali digelar. Event ini merupakan event tahunan yang didukung Dinas Pariwisata Kepulauan Riau dan Kementerian Pariwisata RI. Acara ini diminati oleh wisatawan dalam negeri maupun mancanegara.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Natuna, Hardiansyah, mengatakan Natuna memiliki banyak potensi wisata bahari yang layak dikunjungi, sebelum atau sesudah kegiatan. Kini Sail to Natuna 2019 kembali digelar mulai 10-15 Juni 2019.

Menurutnya, Sail to Natuna 2019 merupakan salah satu acara dalam rangkaian Festival Bahari Kepri. Selain Sail to Natuna, ada Nongsa Reggata Batam, Sail to Lingga, dan Sail to Anambas yang akan diselenggarakan pada bulan Juli dan puncaknya pada bulan September 2019.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, saya yakin event ini akan meriah. Bahkan lebih meriah dari tahun 2018,” kata Hardiansyah dalam keterangannya, Senin (10/6/2019).

Lanjut Hardiansyah, ada 32 yacht peserta mancanegara yang ambil bagian pada Sail to Natuna 2019. Beberapa diantaranya dari negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

Kepala Dispar Kepulauan Riau, Boeralimar, menambahkan bahwa Sail to Natuna 2019 menjadi salah satu upaya mempromosikan potensi wisata bahari di Kepulauan Riau.

Beberapa pantai di Natuna terkenal sangat indah dan menjadi tujuan wisata. Misalnya, Alif Stone Park, Pantai Batu Kasah, Pantai Tanjung, Pulau Senua, dan Tanjung Datuk.

“Dengan kegiatan ini, kami berharap dapat lebih mengangkat keindahan laut yang ada di sini, sehingga berdampak pada tingkat kunjungan wisatawan,” ucap Boeralimar.

Sementara itu, Menteri Pariwisata Arief Yahya, menuturkan Kepri menjadi salah satu daerah penggiat cross border tourismyang dapat diandalkan.

“Tahun ini, Kepri menyiapkan 46 event pariwisata unggulan. Antara lain Festival Bahari Kepri yang masuk Top 100 Event Wonderfull Indonesia. Hampir semua event ada di Kepri, dan semua sukses mendatangkan wisatawan,” pungkas Yahya.

Senada disampaikan Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal, melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Natuna, Wan Siswandi, dalam sambutannya menyambut kedatangan para turis.

Penyambutan tersebut dilaksanakan di Pantai Teluk Selahang (Pantai Tanjung) Desa Limau Manis, Kecamatan Bunguran Timur Laut, pada Rabu (12/06/2019) malam.

Wan Siswandi menyampaikan, bahwa pihak Pemdakab Natuna sangat menyambut baik atas kunjungan para peserta Yacht Rally Sail To Natuna 2019.

Ia berharap dengan adanya kunjungan para turis dari berbagai negara tersebut, dapat meningkatkan kunjungan wisatawan yang datang ke Natuna.

“Kami ucapkan selamat datang di Natuna, semoga betah dan nyaman berada disini. Kami harap para Yachter akan datang lagi ke Natuna, dengan membawa saudara dan teman-temannya.

Agar Natuna lebih dikenal dan bisa meningkatkan sektor Pariwisata,” ucap Wan Siswandi.

Wan Siswandi juga meminta kepada Dinas Perhubungan (Dishub) Natuna, agar mulai mempersiapkan Exit Entry Point, sebagai sarana pendukung bagi kunjungan para wisatawan dari luar daerah dan negara. Salah satunya adalah peserta Yacht Rally, agar kedepannya bisa langsung menuju ke Pulau Natuna, tanpa harus menyinggahi daerah lain, seperti Pulau Anambas.

“Semoga kegiatan ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Ini bisa menjadi peluang usaha bagi masyarakat.

Misalnya mereka bisa membuka Money Changer (tempat penukaran uang), rental motor, membuat home stay, menjual souvenir, rumah makan dan lain sebagainya,” saran Wan Siswandi.(Hds)





DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA