Restorasi Terumbu Karang dan Bersih Pantai di “Coral Triangle Day” ke 8 Kabupaten Anambas





WARTAKEPRI.co.id, ANAMBAS – Coral Triangle Day Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui UPT Loka Kawasan Konservasi Perairan Nasional melaksanakan Bersih Pantai dan Laut serta Restorasi Terumbu Karang dalam rangka peringatan “Coral Triangle Day” yang ke-8 yang dilaksanakan di Kantor Napoleon Anambas Dive Centre, Pantai Tanjung Momong, Kelurahan Tarempa Timur, Kecamatan Siantan Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA), Rabu (12/6/2019).

Kegiatan Coral Triangle Day tersebut dipimpin oleh Sofyan (Koordinator wilayah Kerja Loka Kawasan Konservasi Perairan Nasional atau LKKPN Pekanbaru) dan dihadiri antara lain Dinas Perikanan, Pertanian dan Pangan Kabupaten Kepulauan Anambas (6 orang), Dinas Parawisata dan Budaya KKA (2 orang), Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup KKA (2 orang), BKIPM Tanjung pinang Wilker KKA (1 orang), PSDKP Tarempa (2 orang), Komunitas Napoleon Anambas Dive Center (NADC) (7 orang), Kompak Anambas Snorkeling Comunity (ASC) (7 orang), Kompak Tujuh Bersaudara Pesona Anambas (TBPA) Dive (4 orang), Kompak Pavona Dive (4 orang), Komunitas Pecinta Alam Anambas (KOMPAS) (5 orang) dan Masyarakat atau Voulunter (10 orang).

Sambutan dan Pemberian Materi ” Potensi TWP Kepulauan Anambas dan Ancaman” dari Bapak Sofyan KKP mengayakan bahwa Coral Triangle adalah kawasan dengan tingkat keanekaragaman hayati laut tertinggi di dunia mencakup enam negara (Indonesia, Malaysia, Filipina, Timor Leste, Papua Nugini, Kepulauan Solomon), yang menyokong kehidupan lebih dari 120 juta orang yang tinggal di daerah pesisir serta ribuan unit usaha baik kecil, maupun besar di sektor perikanan dan pariwisata.

“Coral Triangle Day ini adalah bentuk nyata kolaborasi KKP dengan lembaga non pemerintah, Peran aktif dalam menjaga segitiga karang tidak hanya dilakukan oleh pemerintah, tetapi harus dilakukan oleh semua pemangku kepentingan, baik pihak swasta, lembaga pemerintah maupun masyarakat,” ucapnya.

Lanjut Sofyan Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Coral triangle, Lokasi yang dijadikan Tanjung Momong dikarenakan merupakan salah satu lokasi tujuan wisata terutama masyarakat Anambas, seperti Masalah sampah yang disebabkan oleh masyarakat karena kurang nya kesadaran masyarakat tersebut untuk membuang sampah sehingga berpengaruh kepada Ekosistem Alam.

Ia juga titipkan Harapan besar dari KKP agar peserta yang hadir kampanye dapat menyuarakan aksi cinta laut untuk pelestarian ekosistem laut.

Lionardo, SH (Ketua Napoleon Anambas Dive Centre/NADC) mengatakan, Kita sangat prihantin sekali dengan laut yang ada khususnya di Pantai Tanjung Momong, yang mana memang harus di jaga, dan kalaupun perlu Pemerintah Daerah Kepulauan Anambas membuat zona Konservasi di Pantai Tanjung momong.

NADC berharap agar kedepannya acara aksi bersih pantai dan Coral Triangle Day bisa dilaksanakan setiap tahunnya. Hal ini, juga bukan hanya memperingati hari Coral Triangle Day, tetapi implementasinya kedepan agar bisa menjaga kebersihan dan membuang sampah pada tempatnya.

Peringatan Coral Triangle Day diakhiri dengan acara Foto bersama dengan tim dalam kegiatan Bersih Pantai dan Laut serta Restorasi Terumbu Karang peringatan “Coral Triangle Day” yang ke 8 di Kabupaten Kepulauan Anambas.(Rama).





DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA