Arus Balik Mudik 2019 Penumpang Kapal ke Karimun Turun Dibandingan Tahun 2018





WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Jumlah penumpang pada arus mudik dan arus balik di Pelabuhan Karimun menurun dibanding pada tahun 2018 lalu. Dimana Pelabuhan Domestik dan Internasional Tanjung Balai Karimun merupakan pelabuhan dengan jumlah penumpang terpadat setelah batam, dari pantauan 51 pelabuhan diseluruh Indonesia.

Video Penjelasan Kepala KSOP Pelabuhan Karimun:

Saat di jumpai disela-sela kesibukannya, kepala KSOP kelas I TBK, Junaidi menjelaskan bahwa dari jumlah data, ada kecenderungan sampai H+15 atau tanggal 21 Juni mendatang, adanya jumlah penurunan penumpang, khsusnya pada saat arus balik.

“Selama arus mudik dan arus balik pada Hari Raya 1440 H tersebut, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjungbalai Karimun selalu mendata jumlah penumpang yang naik atau turun, serta selama ini dalam situasi yang aman dan kondusif,” terang Junaidi sembari membacakan data-data arus balik dan arus mudik.

Pria berkumis tersebut juga menambahkan masih menjadi jalur arus mudik dengan penumpang terbanyak kedua, dari 51 pelabuhan angkutan laut di Indonesia. Sementara, untuk rata-rata akumulasi jumlah penumpang per harinya, tercatat sekitar 72,98 persen pada H+2.

“Dimana untuk arus mudik terpadat terjadi pada H-4, dengan total penumpang sebanyak 16.769 orang. Sementara untuk arus balik yang terpadat terjadi pada H+2, yaitu sebanyak 24.763 penumpang,” jelas Junaidi.

Untuk Prediksi sendiri, Pihak KSOP memprediksikan pada puncak arus balik memang H+2, sehingga pihaknya tetap memantau terus hingga H+15 mendatang. KSOP Kelas I Tanjungbalai Karimun sendiri, telah menaungi 10 pelabuhan di Karimun, diantaranya pelabuhan Domestik TBK, Terminal internasional, pelabuhan sri tanjung gelam atau kpk, pelabuhan roro parit rempak, pelabuhan buru, tanjung batu kundur, selat belia, dan tanjung berlian, pelabuhan penyalai dan moro. Namun, terdapat dua pelabuhan terpadat yaitu pelabuhan domestik dan pelabuhan Sri Tanjung Gelam (KPK) dan Tanjungbatu.

Sejauh ini, seluruh aktivitas rute pelayaran baik itu dipelabuhan domestik, internasional maupun diseluruh pelabuha-pelabuhan yang ada di wilayah kabupaten karimun masih dalam keadaan baik, aman, tertib serta lancar.

Pihak KSOP Kelas I TBK sendiri telah mengimbau kepada seluruh penumpang, terlebih pihak perusahaan pelayaran agar selalu memperhatikan cuaca dan tidak memaksakan untuk berlayar hingga larut malam, serta menjual tiket dari jauh-jauh hari, agar tidak terjadi penumpukan para penumpang. Demi keamanan dan kenyamanan para penumpang yang melaksanakan mudik lebaran tahun 2019.

Kiriman: Aziz Maulana

Video : Pengamanan Lebaran Idul Fitri 2019 di Kota Karimun



DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA