Dinas Perhubungan Dan Polres Pantau Pemudik Natuna Bersama KM Bukit Raya



WARTAKEPRI.CO.ID, NATUNA – Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Natuna Iskandar DJ, bersama Kapolres Natuna, AKBP Nugroho Dwi Karyanto SIK melihat langsung kondisi penumpang KM Bukit Raya.

Pihaknya juga bersama unsur gabungan memantau langsung ke atas kapal dan melakukan briefing kembali di dek 5 kapal, Rabu (5/6/2019) di Pelabuhan Selat Lampa Natuna.

“Bersama unsur gabungan, kita pastikan para penumpang tidak ada kendala saat perjalanan mudiknya,” ujar Kadis Perhubungan Natuna, Iskandar.

Iskandar juga berterimakasih kepada setiap unsur dari pihak Pelni Natuna, Satlantas Res Natuna, Polairud Natuna, Basarnas, TNI-Al, Babinsa dan anggota Syahbandar saling bahu membahu mengarahkan penumpang.

Terkait keselamatan penumpang, Nugroho DK Kapolres Natuna menanyakan secara langsung kesiapan KM Bukit Raya kepada Mualim 1 beserta perwira kapal.

“Kita tak ingin ada kejadian yang tidak diinginkan menimpa penumpang, apalagi pada saat mudik seperti ini. Pelayanan publik harus diutamakan,” ucap Nugroho di sela-sela memeriksa kondisi penumpang yang berada di dek kapal.

Dalam kesempatan tersebut, Nugroho juga menanyakan tentang ketersediaan tenaga medis di atas kapal. Hal ini dianggapnya penting mengingat jauhnya rute perjalanan kapal antar pelabuhan.

Nugroho juga menyinggung tentang kejadian ibu melahirkan diatas Kapal Sabuk 38 tanpa adanya penanganan medis di kapal tersebut, sehingga terjadi meninggalnya sang ibu yang melahirkan.

“Ini buat pelajaran, jadi saya minta pihak Pelni Natuna menyurati Pelni Pusat agar disiapkan tenaga medis di Kapal Sabuk 38. Kalau gak diindahkan bakal saya periksa,” tegas Nugroho kepada pengurus Pelni Natuna.

Sementara itu, dalam penanganan arus mudik lebaran, kata Mualim 1 KM Bukit Raya Ari Suhari mengatakan, pada bulan Juni KM Bukit Raya akan beroperasi 4 kali sebulan, 2 kali rutiĀ  pendek (Pontianak-Tanjungpinang) dan 2 kali rute panjang (Jakarta-Pontianak).

“Untuk bulan Juli, kita akan beroperasi normal seperti semula 2 kali sebulan. Saat ini penumpang masih sepi, dan diperkirakan puncak arus balik mudik lebaran terjadi pada tanggal 17 Juni mendatang,” ungkap Ari Suhari.

Tentang keselamatan mudik lebaran juga mendapat perhatian khusus dari Tim Basarnas Natuna. Kepala Basarnas Mexicanus Bekabel S.Sos beserta beberapa anggotanya turut bersiaga di Pelabuhan Selat Lampa.

“Basarnas turun, untuk bersiap sedia bila dibutuhkan dalam suatu penanganan penyelamatan,” terang Kasi Operasi Basarnas Natuna M. Saleh.

Sementara untuk jumlah penumpang tujuan Midai-Tarempa, Tanjungpinang dan Jakarta, Perwakilan Pelni Natuna, Dany, menuturkan, jumlah penumpang sekitar 700-an. Hal ini diketahui dari jumlah tiket yang terjual pada agen.
(Hds)







DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA