Pemerintah Indonesia Tetapkan 1 Syawal Rabu 5 Juni 2019 Tapi Arab Saudi Lebaran Selasa 4 Juni 2019

Pemerintah Tetapkan 1 Syawal Rabu 5 Juni 2019



WARTAKEPRI.co.id, JAKARTA – Pemerintah melalui sidang Isbat yang digelar Kementerian Agama menetapkan 1 Syawal 1440 H jatuh pada Rabu, 5 Juni 2019.

“Besok hari Selasa kita masih melaksanakan puasa, dan demikian 1 Syawal 1440 H jatuh pada hari Rabu, 5 Juni 2019,” kata Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin di kantornya, Jakarta, Senin (3/6/2019).

Lukman menjelaskan dari hasil pantauan hilal di 105 titik di Indonesia, hilal belum bisa terlihat. Sebab, posisi hilal harus terlihat minimal 2 derajat diatas ufuk.

“Tidak ada satupun yang berhasil melihat hilal. Maka bahwa posisi hilal dibawah ufuk dilihat dari seluruh tanah air kita dan tak ada satupun petugas kita yang melihat hilal. Maka sebagaimana kaidah yang berlaku selama ini bahwa ketika hal ini terjadi bahwa bulan Ramadhan digenapkan jadi 30 hari,” ucap Lukman.

Arab Saudi Lebaran Selasa 4 Juni

Pemerintah Arab Saudi menetapkan 1 Syawal 1440 Hijriah jatuh pada Selasa (4/6/2019) besok. Pengumunan Idul Fitri itu tengah diumumkan oleh otoritas setempat setelah para pemantau melihat hilal disejumlah tempat di Makkah.

Para jamaah yang melakukan i’tikaf selama 10 hari terakhir Ramadhan di Masjidil Haram pun sudah saling bermaafan dan berpelukan. Sebelumnya jutaan jamaah tumpah ruah di Masjidil Haram di malam-malam terakhir Ramadhan 1440 Hijriah, puncaknya terjadi pada malam 27 Ramadhan.

Tak hanya didekat Ka’bah, jutaan jamaah juga memadati kawasan-kawasan di area pekarangan Masjidil Haram. Para jamaah tersebut terus meningkatkan ibadah dengan beri’tikaf didalam maupun disekitar kawasan Masjidil Haram.

Tak hanya itu, para ratusan ribu jamaah juga memadati Masjid Rasulullah di Masjid Nabawi, Madinah. Kedua Masjid Agung tersebut menjadi pilihan warga sekitar dan umat muslim dari berbagai negara dalam menghabiskan sisa Ramadhan 1440.

Sementara itu di Indonesia, pemerintah menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 Hijriah pada 5 Juni 2019. Dengan begitu malam ini adalah malam ke-30 atau malam terakhir Ramadhan. Dalam sidang Isbat yang digelar di kantor Kementrian Agama disepakati bahwa bahwa hilal masih berada dibawah -1 derajat dan tidak terlihat disejumlah wilayah di Indonesia. Dengan begitu puasa Ramadhan digenapkan menjadi 30 hari hingga Selasa (4/6/2019) besok.(inilah)

Editor : Dedy Suwadha







DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA