Habibie dan Megawati Hadiri Pemakaman Ani Yudhoyono, Wapres JK Istirahat dan Prabowo Sandi di Luar Negeri

Pemakaman Ani Yudhoyono ada Mega dan BJ Habibie



WARTAKEPRI.co.id, JAKARTA – Jenazah Ani Yudhoyono, istri dari Presiden ke 6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tiba di Taman Makam Pahlawan Kalibata pada pukul 14.20 Wib, Minggu, (2/6/2019). Jenazah Ani Yudhoyono akan dimakamkan secara militer dipimpin inspektur upacara Presiden Joko Widodo pada pukul 15.00 WIB.

Sejumlah tokoh tampak hadir dalam upacara pemakaman tersebut. Mereka diantaranya Presiden ke 3 RI BJ Habibie, Istri Presiden ke 4 RI Sinta Nuriyah Wahid, Presiden ke 5 RI Megawati Soekarnoputri, Mantan Wapres Boediono, Menko PMK Puan Maharani, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Kepala BIN Budi Gunawan, Jaksa Agung HM Prasetyo, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Ketua KPU Arief Budiman, mantan Menpora Andi Malaranggeng, dan lainnya.

Di TMP Kalibata, Ani Yudhoyono rencananya akan dimakamkan di Blok M nomor 129. Lokasi pemakaman telah dipenuhi ratusan pelayat dan prajurit TNI yang akan mengikuti upacara pemakaman.

Sebelumnya, Jenazah Ibu Negara dari Presiden RI ke-6 Ani Yudhoyono diserahkan oleh pihak keluarga kepada pemerintah untuk dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan pada Minggu (2/6/2019) siang.

Upacara pelepasan jenazah Ani Yudhoyono dilakukan di Pendopo Puri Cikeas, Bogor, Jakarta Barat dengan inspektur upacara Ketua DPR RI Bambang Soesatyo.

Sementara penyerahan jenazah Ani Yudhoyono diwakili oleh Edhie Baskoeo Yudhoyono sebagai keluarga. Dengan pihak penerima adalah Bamsoet selaku perwakilan negara.

“Dengan ini kami menyerahkan jenazah kepada pemerintah, untuk dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata dengan upacara militer,” ujar Ibas dalam upacara pelepasan jenazah, di lokasi, Minggu (2/6/2019) siang.

Setelah diserahkan oleh pihak keluarga, kemudian inspektur upacara menyebut akan segera berangkatkan jenazah ke tempat peristirahatan terakhir di TMP Kalibata.

“Dengan diserahkannya jenazah, maka jenazah akan saya berangkatkan ke tempat peristirahatan terakhir di TMP Utama, di Kalibata, Jakarta Selatan,” ujar Bamsoet.

JK Diminta Istirahat Oleh Dokter

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) berhalangan hadir di pemakaman Ani Yudhoyono. JK diminta oleh dokter istirahat.

“Bapak (Jusuf Kalla) berhalangan hadir pada proses pemakaman Ibu Ani, sedang istirahat atas saran dokter,” ujar Juru Bicara Wapres Husain Abdullah melalui pesan singkatnya, Minggu (2/6/2019).

Husain mengungkapkan, JK telah menyampaikan ucapan belasungkawa secara terbuka atas wafatnya Ani Yudhoyono.

“Dan juga secara langsung melalui Ibu Mufidah JK yang semalam melayat ke rumah duka. Bapak sendiri mengikuti dengan seksama proses pemakaman Ibu Ani melalui siaran langsung TV,” tuturnya.

Ani Yudhoyono dimakamkan di TMP Kalibata, Jakarta Selatan dengan upacara militer yang dipimpin langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sejumlah tokoh hingga pejabat negara hadir dalam upacara pemakaman tersebut.

Andre: Pak Prabowo Sandi Masih di Luar Negeri

Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mengatakan capres nomor urut 02 tak dapat menghadiri pemakaman Ani Yudhoyono. BPN menyebut Prabowo masih berada di luar negeri.

“Pak Prabowo besok baru landing… setelah landing langsung takziah ke sini,” ujar jubir BPN Prabowo-Sandiaga, Andre Rosiade, di Puri Cikeas, Bogor, Minggu (2/6/2019).

Sementara Sandiaga Uno kini tengah berada di Amerika Serikat bersama anak-anaknya. Andre menyebut Sandiaga tak akan pulang ke Tanah Air dalam waktu dekat.

“Sandi kan baru kemarin landing di Amerika, beliau direncanakan Lebaran di sana, juga mengisi seminar menyampaikan data kecurangan-kecurangan kita ke berbagai lembaga internasional. Jadi mungkin Bang Sandi nggak pulang,” kata Andre.

Selain itu, Andre, yang datang ke Cikeas sebagai perwakilan dari Partai Gerindra dan BPN Prabowo-Sandiaga, menyampaikan belasungkawa sedalam-dalamnya. Menurut dia, Indonesia saat ini tengah kehilangan putri terbaik bangsa.

“Harapan kita tentu cita-cita dan juga legacy yang ditinggalkan beliau bisa kita lanjutkan bersama,” pungkas Andre.(*)

Sumber : tv/tribunnews/detik.com
Editor : Dedy Suwadha







DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA