Muhammad Yunus Dituntut 3 Bulan Penjara Dengan Masa Percobaan 6 Bulan

Muhammad Yunus Tuding Werton Dalang Yang Telah Merekayasa Pelanggaran Pemilu



WARTAKEPRI.co.id, Batam – Sidang tuntutan terdakwa kasus pelaku politik uang, Muhammad Yunus di Pengadilan Negeri Kota Batam. Sidang tuntutan dipimpin oleh Hakim Ketua, Jasaer Manulang dan Hakim anggota, Marta Napitupulu serta Muhammad Candra, Jumat (31/05/2019).

Muhammad Yunus terbukti bersalah sebab telah melakukan politik uang sehingga dituntut oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) dengan pidana selama tiga bulan dan masa percobaan selama enam bulan serta denda sepuluh juta rupiah.

Jaksa Penuntut Umum, Rumondang Manurung mengatakan bahwa terdakwa terbukti bersalah melakukan politik uang sehingga meminta Majelis Hakim Pengadilan Negeri Kota Batam untuk menjatuhkan hukuman selama tiga bulan penjara dengan masa percobaan selama enam bulan serta denda sebesar sepuluh juta rupiah.

“Terdakwa terbukti bersalah melanggar pasal 523 ayat 2 junto 278 ayat 2 UU Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu. Maka berdasarkan hal tersebut maka terdakwa harus dijatuhi hukuman sesuai dengan kesalahan yang telah dilakukan oleh Muhammad Yunus,” ujar Rumondang saat membacakan surat tuntutan dihadapan Majelis Hakim Pengadilan Negeri Kota Batam.

Masih menurut Rumondang bahwa tidak ada alasan bagi terdakwa untuk melakukan penghapusan pidana yang telah dilakukannya.

“Hal-hal yang memberatkan adalah bahwa terdakwa telah melakukan politik dengan menggunakan uang untuk mendapatkan suara, perbuatan terdakwa telah meresahkan masyarakat. Terdakwa juga tidak mengakui perbuatannya,” tegas Rumondang yang didampingi oleh JPU Immanuel.

Rumondang juga mengatakan bahwa hal-hal yang meringankan bagi terdakwa berlaku sopan saat persidangan dan terdakwa juga belum pernah dihukum.

“Adapun barang bukti berupa sticker sebanyak delapan belas (18) lembar,
tiga lembar contoh surat suara atasnama Muhammad Yunus dan satu helai baju dirampas untuk dimusnahkan, uang tunai enam ratus ribu rupiah (Rp. 600.000) dirampas untuk Negara,” tutup Rumondang. (Joni Pandiangan)







DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA