Uji Terbang Wings Air Hang Nadim Batam ke Bandara Raja Haji Abdullah Karimun





WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Salah satu Anak perusahaan Maskapai Pemerbangan Lion, Wings Air Berhasil melaksanakan uji terbang pesawat dari Bandara Hang Nadim Batam menuju Bandara Raja Haji Abdullah (RHA) Tanjungbalai Karimun, dengan menempuh waktu 20 menit pada Kamis (23/5/2019).

Burung Besi dengan jenis Avions De Transport Regional (ATR) 72 seri 600 tersebut berhasil mendarat di runway Bandara RHA pukul 13.30 WIB dengan lancar.

Rombongan yang membawa Area Manager Lion Air Group, Noviyanti M Harahap dan Distrik Manager Lion Air Group Batam (BTH), Mz Bire, tim opresion serta Teknisi.

Diketahui, Proving Flight merupakan proses uji coba operasional guna memastikan Persiapan maskapai dalam pengoperasian sebuah jalur rute baru penerbangan. Selain itu juga guna memastikan keselamatan dan keamanan saat pengoperasian penerbangan berlangsung.

Seusai Melaksanakan perdana uji terbang pesawat Kepala Bandara Raja Haji Abdullah, Fanani Zuhri menjelaskan bahwa kegiatan yang dilakukan hari ini merupakan uji coba penerbangan awal.

Di mana sebagai permulaan awal untuk melaksanakan dan membuat usulan terkait take off landing maupun operasional pesawat.

“Secara operasional dari pilot sekdiri menyatakan, Bandara RHA sudah layak untuk pendaratan pesawat ATR 72, akan tetapi perlunya beberapa perbaikan, sehingga dalam waktu dekat ini akan diselesaikan oleh pihak Bandara RHA,” terangnya.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Salah satu Pilot Wings Air, Capt Fery Nofarah mengatakan, pada saat melakukan pendaratan di Bandara RHA sangat baik, dengan cuaca di Kabupaten Karimun cukup cerah.

“Kondisi Bandara cukup baik karena telah memenuhi persyaratan dari Departemen Perhubungan. Hanya saja perlu ditingkatkan fasilitasnya karena ada sedikit kekurangan seperti terming area point pada ujung-ujung runway lalu pada area perbukitan,” ujar Nofarah memastikan kondisi Landasan pacu tersebut.

Wakil Bupati Anwar Hasyim yang turut serta menghadiri Perdana pendaratan pesawat Wings air, sangat mengapresiasi dan tentunya mampu mengembangkan potensi disegala bidang, baik disektor industri, perekonomian, pariwisata, dan lainnya.

“Sehingga implementasi Pembangunan Infrastruktur Transportasi udara dapat terpenuhi dengan baik,” kata Anwar.

Untuk saat ini Wings Air akan beroperasi pada 12 Juni 2019 mendatang setelah lebaran, dengan 3 kali penerbangan dalam sehari. Namun hal tersebut akan terus dikomunikasikan kembali, sehingga diusahakan sebelum Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah sudah dapat diberoperasi, dimana dengan catatan faktor sistem yang dibangun sudah siap secara keseluruhannya.

AZIZ MAULANA



DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA