Silaturahmi Pemkab dan Polres Anambas Bersama Tokoh Masyarakat Pasca Penetapan Hasil Pilpres 2019





WARTAKEPRI.co.id, ANAMBAS – Silaturahmi Polres Kepulauan Anambas bersama Pemerintah Daerah, KPU, Bawaslu, dan elemen Masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas pasca penetapan hasil Pemilu 2019 di KPU Pusat di salah satu Kedai Kopi Mak Alang, Kelurahan Tarempa, Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA), Rabu (22/5/2019).

Kegiatan tersebut dipimpin oleh AKBP Junoto SIK Kapolres KKA, dan dihadiri antara lain Sahtiar Sekda KKA, Yopi Susanto Ketua Bawaslu KKA, Herdi Usman Ketua LAM KKA, Liber Simare Mare Komisioner Bawaslu KKA, Iptu Buskardi Kasat Intelkam Polres KKA, Anwar Nasution Komisioner Bawaslu KKA, Muslim Ketua Nelayan Tarempa, Taufik Pengurus Pemuda Pancasila KKA, diikuti Perwakilan Parpol yakni Indra Saputra DPC Golkar KKA dan Amir Fikri Ketua DPC Hanura KKA.

AKBP Junoto SIK (Kapolres KKA), mengatakan antara lain Sangat berterimakasih kepada seluruh elemen masyarakat yang hadir dalam kegiatan silaturahmi bersama Polres KKA pada malam hari ini, dengan diketahui bersama bahwa KPU RI telah menetapkan hasil Pemilu 2019 pada tanggal 21 April 2019 yang memutuskan bahwa pasangan Jokowi – Ma’ruf sebagai Presiden Terpilih periode 2019 – 2024.

Namun demikian sampai dengan saat ini, kita ketahui juga bahwa pasca hasil Pemilu 2019 tersebut diumumkan ada segelintir kelompok yang ingin memecah belah bangsa kita dengan membuat kerusuhan dengan sasaran utama yaitu Bawaslu RI karena dianggap tidak bekerja secara benar.

Dari hari Selasa tanggal 21 April 2019 dari pukul 23.00 WIB sampai dengan sekarang di Jakarta kita ketahui semua bahwa kerusuhan masih terjadi, akan tetapi kami pihak Polri akan selalu bersiaga untuk menjaga kondusifitas keamanan siang malam, Kami pihak Polres KKA berharap kerusuhan yang terjadi di Jakarta saat ini tidak berefek dan terjadi hal yang sama di wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas yang sampai dengan saat ini aman dan kondusif.

Kami menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat yang ada agar tidak terprovokasi atas pemberitaan di media cetak maupun media internet sebelum mengetahui keaslian berita tersebut, karena ada segelintir oknum yang membuat video hoax dengan menyalahkan pihak kepolisian yang telah berbuat kekerasan dan seakan-akan menghalang mereka dalam menyampaikan aspirasi.

Kami pihak Polres Kepulauan Anambas berharap agar seluruh elemen masyarakat untuk bersinergitas dengan menyampaikan selalu informasi yang berkembang di masyarakat kepada kami agar tidak terjadi simpang siur kebenaran informasi yang beredar dengan tujuan agar kondusitifitas situasi kamtibmas tetap berjalan.

Pihak Polres Kepulauan Anambas juga melakukan kegiatan seperti patroli Siang Malam bersama TNI untuk selalu menjaga kondusitifitas wilayah KKA.

Yopi Susanto (Ketua Bawaslu KKA) mengatakan, Kami pihak Bawaslu KKA berterimakasih kepada Polres KKA yang telah mengundang kami dalam giat silaturahmi dengan seluruh elemen masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas pada malam hari ini.

“Kami sudah mengetahui dan kami sampai saat ini selalu memonitor kejadian yang terjadi di Jakarta dengan target utama yaitu Bawaslu RI, akan tetapi kami Bawaslu sangat menyayangkan kerusuhan tersebut terjadi, karna kami sebagai pengawas Pemilu dari pusat sampai daerah akan selalu menerima laporan yang di beri oleh masyarakat terkait pelanggaran Pemilu 2019 dan kami pastikan kami memproses atas informasi pelanggaran tersebut.

Kami pihak Bawaslu sangat berterimakasih kepada Polri khususnya Polres KKA yang sampai saat ini tidak ada capeknya untuk mendatangi Kantor Bawaslu untuk sekedar berkoordinasi dan memonitor kondisi yang terjadi, Kami harapkan juga untuk seluruh elemen masyarakat mari bersama-sama untuk selalu berkoordinasi ke pada kami apabila menemukan pelanggaran Pemilu yang terjadi kepada kami agar tidak terjadi kerusuhan seperti yang di Ucapnya.

Herdi Usman Ketua LAM KKA juga mengatakan, bahwa Pihaknya mewakili masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas sangat berterima kasih kepada Polres KKA yang selalu menjaga kondusifitas wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas. Hal tersebut kami lihat sendiri maupun masyarakat lain dengan adanya Patroli motor di jalan yang selalu dilakukan pihak Polres KKA.

Masalah kerusuhan di Jakarta saya sangat menyayangkan kenapa itu terjadi, akan tetapi saya sebagai salah satu orang tua yang ada disini saya sangat melarang dan menekankan kepada seluruh Masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas untuk tidak terprofokasi dan ikut-ikutan dalam kegiatan kerusuhan tersebut.

Pihaknya juga kedepannya akan selalu berkoordinasi kepada Polres KKA perihal kondisi yang ada di masyarakat, karena hampir rata-rata masyarakat akan selalu bercerita kepada saya di kedai kopi apabila terjadi permasalahan di wilayah kita khususnya di Tarempa.

Sahtiar (Sekda KKA) juga turut mengatakan, bahwa Kami pihak Pemerintah daerah sangat mengapresiasi atas kinerja Polres Kepulauan Anambas sampai saat ini dengan melakukan Patroli, koordinas, dan juga merespon secara cepat perihal permasalahan yang ada, hal tersebut membuat kondusifitas daerah kita yang masih berjalan aman sampai saat ini.

Kami pihak Pemerintah Daerah sudah memonitor perihal kerusuhan yang terjadi pasca penetapan hasil Pemilu 2019 di Jakarta dan kami juga sudah menekankan kepada pegawai pemerintahan dan juga Masyarakat untuk tidak terprofokasi dan terikut dalam kegiatan tersebut yang membuat daerah kita menjadi tidak aman.

Kami berharap kepada Polres Kepulauan Anambas untuk tidak pernah capek dalam menjaga kondusifitas wilayah kita dan kami pihak Pemerintah daerah akan selalu siap apabila pihak Polres membutuhkan bantuan kami, Dalam silatutahmi ini juga saya berpesan kepada elemen masyarat agar kedepannya kita selalu bersinergitas dalam membangun wilayah kita ini, jangan pernah sungkan untuk memberi informasi dan keluhan yang ada di tengah-tengah masyarakat, demi kemajuan daerah kita Anambas ini.

Terjadinya Kerusuhan di Jakarta pasca penetapan Hasil Pemilu 2019 membuat seluruh daerah menetapkan kondisi Siaga 1, dengan berlangsungnya Silaturahmi Polres KKA bersama Penyelenggara Pemilu, Pemerintah Daerah dan Tokoh Masyarakat Pasca Penetapan Hasil Pilpres 2019 Tingkat Kabupaten Kepulauan Anambas ini merupakan salah satu metode untuk merangkul seluruh elemen masyarakat untuk selalu bersinergitas dengan tidak terprofokasi dan ikut-ikutan serta membuat kerusuhan yang sama seperti di pusat.(Rama).



DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA