Rektor UNP Prof Ganefri dan Wako Payakumbuh Riza Falepi MoU Prodi Kuliner Khas Minangkabau

Rektor UNP Prof Ganefri dan Wako Payakumbuh Riza Falepi MoU Prodi Kuliner Minangkabau



WARTAKEPRI.co.id, PADANG-Universitas Negeri Padang (UNP) dan Pemerintah Kota Payakumbuh menjalin kerjasama akademik. Hal itu ditandai dengan penandatanganan kesepakatan kerjasama (MoU) oleh Rektor UNP Prof. Ganefri, PhD dan Walikota Payakumbuh Riza Falepi, ST, MT di Auditorium UNP, Jumat (17/05/2019) sore.

Kerja sama UNP dan Pemko Payakumbuh adalah dalam hal membuka program studi (prodi) kuliner minangkabau setara diploma empat (D-4). Payakumbuh menyediakan falitas untuk kuliah praktikum berupa dapur industri kuliner yang selama ini disebut pusat industri rendang yang berada di kawasan Cubadak Air Payakumbuh.

Rektor UNP Ganefri mengatakan prodi kuliner Minang tersebut nantinya akan menjadi bagian atau pengembangan dari Prodi Tata Boga pada Fakultas Pariwisata dan Perhotelan (FPP).

“Ya, untuk prodi kuliner Minang. Kalau rendang cakupannya kurang luas. Nanti jadi pengembangan prodi Tata Boga pada Fakultas Pariwisata dan Perhotelan,” kata Ganefri, Jumat (17/05/2019) di kantornya.

Sebagaimana diketahui Kota Payakumbuh sejak dua tahun belakangan tengah konsen dalam pengembangan daerah tersebut sebagai daerah industri kuliner, khususnya rendang. Karena itu pula Payakumbuh mengubah ikon kotanya dari kota batiah menjadi kota rendang.

Sebagai bukti dari keseriusan dalam menggarap potensi kuliner rendang, di bawah kepimpinan Wako Riza Falepi, Kota Payakumbuh membangun pusat industri rendang di Cubadak Air, Kecamatan Payakumbuh Utara.

Gayung bersambut, importir Arab Saudi pun meminta kiriman 20 ton rendang ke Mekkah. Tentu saja rendang tersebut nantinya juga akan digunakan untuk menyambut musim haji, di mana jumlah jamaah haji Indonesia lebih dari 200.000 orang. Belum lagi untuk kebutuhan umroh jamaah asal Indonesia. Termasuk untuk mengakomodir kebutuhan di luar haji, di tanah suci tersebut mengingat rendang sudah dinobatkan sebagai kuliner terlezat di dunia.

“Alhamdulillah sudah ada MoU atas permintaan 20 ton rendang dari Arab Saudi,” kata Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz dalam pertemuan dengan pengurus DPP ILUNI FT UNP di Payakumbuh beberapa waktu yang lalu.

Selain penandatanganan MoU nanti juga akan dilaksanakan di lokasi yang sama kuliah umum oleh Prof. Dr.Azyumardi Azra, MA, CBE dan akan ditutup dengan berbuka puasa bersama.

Ketua Umum Alumni FT UNP Nadirman yang juga tengah menjalin kerjasama dengan Pemko Payakumbuh dalam bidang IT juga ikut andil dalam terjalinnya MoU antara UNP dan Pemko Payakumbuh. Nadirman mengucapkan selamat, dan berharap kerja sama ini bermanfaat bagi kedua belah pihak. (ERZ)







DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA