Paripurna DPRD Anambas Tentang Ranperda Pembentukan Kecamatan Kute Siantan


WARTAKEPRI.co.id, ANAMBAS – Rapat Paripurna penjelasan Pemerintah Daerah terhadap rencana Peraturan Daerah tentang Pembentukan Kecamatan Kute Siantan yang berlangsung di Gedung Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas, Kamis (9/5/2019).

Tampak hadir dalam acara tersebut antaranya adalah Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas, Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas, Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas, Sekretaris DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas, Danlanal mewakili, Kapolres mewakili, Danramil, Kacabjari mewakili dan Sataf Ahli Bupati, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Asisten Administrasi Umum, dan Anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas dan Pimpinan OPD Kabupaten Kepulauan Anambas, dan para undangan.

Baca Juga :  Terendam Hingga 1 Meter, Anggota DPRD Anambas Rame Rame Bersihkan Kantor

Wan Zuhendra Wakil Bupati Anambas Menyampaikan Tentang Pembentukan Kecamatan pada dasarnya bertujuan untuk meningkatkan Pelayanan publik, Partisipasi dan pemberdayaan masyarakat dslam rangka mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat. Dalam Proses tersebut kita harus memperhatikan potensi yang di miliki kecamatan serta persyaratan yang meliputi administratif.

Teknis dan kewiliyahan. Persayaratan adminsratif didasarkan atas aspirasi sebagian besar masyarakat setempat atau kebijakan pemerintah daerah dalam pengembangan kawasan tertentu yang ditindak lanjuti dengan melakukan analisa atau kajian terhadap rencana pembentukan kecamatan.

Baca Juga :  HNSI Anambas Gelar Konsperensi Pers Terkait Pansus DPRD Tentang Nelayan

Persyaratan teknis didasarkan pada faktor kemampuan dan aktivitas ekonomi, potensi, sosial budaya, kependudukan. Sedangkan syarat fisik kewilayahan didasarkan pada cakupan wilayah, lokasi serta sarana dan prasarana pemerintah.

Berdasarkan peraturan pemerintah nomor 17 tahun 2018 tentang kecamatan, Pemerintah pusat dapat menugaskan kepada perintah daerah tertentu melalui gubernur sebagai wakil pemerintah pusat untuk membentuk kecamatan.

Pembentukan kecamatan tersebut meliputi kecamatan di kepulauan terluar dan terpencil, usulan pemekeran kecatamatan kute siantan, sejak beberapa waktu yang lalu dengan usaha dan kebijakan yang sesuai dengan peraaturan dan perundang – undangan pemda kabupaten telah di ajukan kembali untuk pemekaran dari Kecataman Induk Palmatak.

Baca Juga :  Penilaian Anggota Fraksi PAN DPRD Anambas Terkait LKPJ Bupati Tahun 2018

Kepada pemerintah daerah segera membentuk, ranperda tentang pembentukan kecamatan siantan dan mengajukan kepada DPRD untuk dilakukan pembahasan sesuai dengan peraturan perundang – undangan dengan maksimal pembahasan yang di tetapkan DPRD. Dengan terbetuknya kecamatan kute siantan nantinya di harapkan kedepan kecamatan kute siantan dapat tumbuh dan berkembang serta mampu meningkatkan penyelenggaraan pelayanan pemerintah kepada masyarkat yang lebih baik.(Rama)

Sumber: Humas dan Protokol Anambas.

Ikuti Berita Terbaru Kami


DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA
AWAL BROS