Puluhan Warga Tuntut Anggota Bawaslu Anambas Mundur Terkesan Pembiaran Money Politik





WARTAKEPRI.co.id, ANAMBAS – Aksi Unjuk Rasa di Kantor Bawaslu Kabupaten Kepulauan Anambas, di Jalan Tanjung Kelurahan Tarempa, Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA). Pendemo menamakan Aliansi Masyarakat Peduli Demokrasi (AMPD) menyampaikan sejumlah tuntutan ke Komisoner Bawaslu KKA, Sabtu (4/5/2019).

Demo tersebut dipimpin langsung oleh Asril Masbah (Ketua AMPD KKA) dan Hadiri Safri (Sekretaris AMPD KKA), Muslim (Anggota AMPD KKA), Robi (Anggota AMPD KKA), Hellin (Caleg DPRD KKA Dapil I dari Partai Nasdem No Urut 3) dan diikuti sekitar 25 orang peserta.

Tuntutan pendemo saat di Kantor Bawaslu Anambas untuk seluruh komisioner serta sekretariat Bawaslu Kabupaten Kepulauan Anambas dalam tempo waktu 45 hari kerja dengan sukarela untuk memundurkan diri karena dinilai tidak mampu menjalankan tugas.

Mendesak Bawaslu Provinsi untuk menonaktifkan komisioner serta sekrtariat Bawaslu, dan juga melakukan rekrutmen ulang demi berlangsungnya proses demokrasi yang berpihak kepada masyarakat.

Apabila tuntutan kami tidak diindahkan maka kami AMPD akan kembali melakukan aksi unjuk rasa dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat.

Asril Masbah (Ketua AMPD KKA) mengatakan bahwa sudah ditetapkan Anambas masuk dalam zona merah dan dugaan rawan terjadinya politik uang. Akan tetapi Bawaslu tidak bekerja secara efektif.

Menurutnya bahwa Setiap Laporan yang ada dari masyarakat perihal pelanggaran pemilu tidak ada yang di proses, Bawaslu tidak melibatkan masyarakat yang kompetentif dalam merekrut pengawas Pemilu. Melalui indikator tersebut Bawaslu Anambas dinilai dengan sengaja dalam pembiaran kegiatan Money Politik.

Sementara itu, Hellin (Caleg DPRD KKA Dapil I dari Partai Nasdem No. Urut 3) mengatakan bahwa sudah merasa dikhianati oleh Bawaslu karena dianggap dan menaikan berita tentang dirinya yang bermain Money Politik dengan fakta tidak ada sama sekali, hal tersebut membuat suaranya hilang.

Asril Masbah selaku Korlap dalam aksi unjuk rasa ke Kantor Bawaslu memberikan arahan sambil menunggu kehadiran massa yang lainnya, dengan arahan agar massa unjuk rasa untuk satu tujuan yaitu menuntut Komisioner Bawaslu untuk segera turun dan diharapkan untuk tetap menjaga keamanan karena kita dijaga oleh pihak kepolisian dari Polres dan Polsek Anambas.(Rama)



DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA