Mei 2019, Pemko Batam Lebarakan Jalan dari Tiban Princess Sampai Simpang SMP 25



WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Pelebaran jalan Tiban Indah Kecamatan Sekupang akan segera dilaksanakan. Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BMSDA) Kota Batam, Yumasnur mengatakan saat ini proses lelang sedang berlangsung.

“ Bulan Mei 2019 mulai kerja. DED (detailed engineering design) sudah kita buat tahun lalu,” kata Yumasnur di Batam Centre, Selasa (23/4/2019).

Ia mengatakan pelebaran jalan ini bertujuan untuk mengurangi kemacetan di kawasan Tiban. Daerah di Sekupang ini mulai macet seiring bertambahnya kepadatan penduduk.

Tujuan berikutnya adalah meningkatkan estetika kota. Serta menjadi cikal bakal jalan alternatif dari Sekupang menuju kawasan Jodoh.

“Pelebaran jalan dimulai dari Tiban Princess sampai ke simpang SMPN 25. Dilakukan secara bertahap, yang kita mulai dari 2019,” ujarnya.

Tahun ini, kata Yumasnur, pekerjaan lebih banyak kepada pembukaan jalur. Meski ada sebagian yang langsung dilakukan pembangunan jalan.

“Tahap pertama kita buat dua lajur kiri, dua lajur kanan. Ke depan rencananya kita buat tiga-tiga,” kata dia.

Dalam proses pelebaran jalan ini ada sebagian bangunan yang akan terkena dampak. Pagar bangunan yang terlalu maju dan kena ke Right of Way (ROW) jalan akan digeser.

“Tapi jumlahnya mungkin tak terlalu banyak,” sebut Yumasnur.

Selain melebarkan jalan Tiban, Dinas BMSDA juga merencanakan pembangunan tempat pejalan kaki (pedestrian) di Jalan Raja H Fisabilillah Batam Centre. Lokasi ini sudah dilebarkan jalannya tahun lalu. Namun sebagian titik belum dibuat pedestrian.

“Kemarin Pak Wali meninjau lokasi pelebaran jalan Tiban. Hari ini meninjau pedestrian di Batam Centre. Dari Simpang Vihara ke arah Pak Datuk itu kan belum ada pedestriannya. Itu akan kita buat tahun ini,” tuturnya.(*/mbc)

Editor : Dedy Suwadha







DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA